Belanda Sumbang Rp87,5 Miliar untuk Sulteng
Kerusakan yang dialami Palu dan Donggala akibat gempa serta tsunami. (Foto: AFP)
Jakarta: Pemerintah Belanda memberikan bantuan dana untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah sebesar 5 juta Euro atau setara dengan Rp87,5 miliar.

Selain itu, simpati terhadap bencana yang sedang menimpa Palu dan Donggala juga datang dari warga Belanda. Pada 10 Oktober nanti, ribuan warga akan mengadakan ragam kegiatan skala kecil untuk mengumpulkan dana.

Anak-anak akan membuat dan menjual kue kecil dan diselenggarakan pertunjukan di gereja dengan Bahasa Belanda dan Indonesia. Sejumlah selebritas Belanda juga akan turut hadir.


Dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar Belanda di Jakarta kepada Medcom.id, Selasa 9 Oktober 2018, kegiatan ini akan disiarkan di televisi dan radio nasional pada 10 Oktober 2018 pukul 12.00 siang waktu Belanda.

Jumlah donasi yang terkumpul atas usaha dana tersebut akan diumumkan sore di hari yang sama.

Belanda juga mengucapkan duka cita atas bencana yang menimpa Sulteng lewat Duta Besar Belanda untuk Indonesia Rob Swartbol.

"Dana yang terkumpul dari acara itu kami harap bisa dipakai untuk merekonstruksi Palu, Donggala dan wilayah lain yang terdampak parah," ujar Dubes Swartbol.

Belanda dan Indonesia memiliki latar belakang sejarah yang menciptakan hubungan kuat antara lain dalam kultur dan bahasa. 




(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id