Presiden Ukraina Petro Poroshenko dalam sesi darurat di gedung parlemen di Kiev, 26 November 2018. (Foto: AFP/GENYA SAVILOV)
Presiden Ukraina Petro Poroshenko dalam sesi darurat di gedung parlemen di Kiev, 26 November 2018. (Foto: AFP/GENYA SAVILOV)

Presiden Ukraina Tandatangani Aturan Darurat Militer

Internasional ukraina rusia Rusia-Ukraina
Willy Haryono • 28 November 2018 18:00
Kiev: Presiden Ukraina Petro Poroshenko menandatangani dokumen aturan darurat militer, Rabu 28 November 2018. Langkah ini dilakukan setelah Rusia menyita tiga kapal Angkatan Laut Ukraina di Krimea yang memicu krisis terbesar antar kedua negara dalam beberapa tahun terakhir.
 
Sebelumnya, Poroshenko mengingatkan ancaman akan adanya perang berskala penuh dengan Rusia terkait insiden di Selat Kerch, Krimea. "Presiden Poroshenko telah menandatangani aturan itu," ucap juru bicara pemerintah Ukraina Svyatoslav Tsegolko di laman Facebook, seperti dilansir dari kantor berita AFP.
 
Senin kemarin, parlemen Ukraina menggelar pemungutan suara mengenai permintaan Poroshenko untuk diterapkannya darurat militer. Poroshenko ingin status darurat militer ini diberlakukan selama 30 hari di sejumlah titik perbatasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara di kubu Rusia, dikabarkan sistem pertahanan terbaru anti-pesawat S-400 akan segera dikirim ke Krimea. Sistem misil ini akan ditempatkan pada akhir tahun sebagai tambahan dari tiga S-400 yang sudah ada di Krimea.
 
Amerika Serikat turut memantau perkembangan terbaru krisis ini. Presiden Donald Trump menyebut dirinya mungkin akan membatalkan rencana pertemuannya dengan Putin terkait insiden di Krimea.
 
Minggu 25 November, Rusia menembaki, menaiki dan menyita tiga kapal AL Ukraina di Selat Kirch yang berada di perairan Krimea. Krimea adalah wilayah yang telah dianeksasi Rusia dari Ukraina beberapa tahun lalu.
 
Konfrontasi Rusia dan Ukraina ini meningkatkan kekhawatiran akan adanya peningkatan ketegangan militer antar kedua negara. Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menggelar sesi pertemuan darurat untuk merespons konfrontasi tersebut.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif