Presiden Ukraina Petro Poroshenko berpidato di hadapan pasukan militer di Churguev, Ukraina, 22 Agustus 2015. (Foto: AFP / SERGEY BOBOK)
Presiden Ukraina Petro Poroshenko berpidato di hadapan pasukan militer di Churguev, Ukraina, 22 Agustus 2015. (Foto: AFP / SERGEY BOBOK)

Ukraina Tuding Rusia Kirim Tiga Konvoi Militer ke Separatis

Internasional krisis ukraina
Willy Haryono • 24 Agustus 2015 16:45
medcom.id, Kiev: Presiden Ukraina Petro Poroshenko menuding Rusia mengirim tiga konvoi militer ke wilayah timur negara yang dikuasai separatis.
 
"Pekan ini, tiga konvoi besar melintasi perbatasan kami menuju Lugansk, Donetsk dan Debaltseve," tutur Poroshenko, seperti dilansir AFP, Senin (24/8/2015).
 
Poroshenko menuduh Rusia mengirim total 500 tank baja, 400 sistem artileri dan 950 kendaraan lapis baja ke separatis. Detail waktu pengiriman tidak disebutkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sang presiden mengungkapkan hal ini dalam sebuah parade militer di Kiev, dalam merayakan 24 tahun kemerdekaan dari Uni Soviet.
 
"Perang untuk kemerdekaan masih berlanjut dan kita baru bisa mengklaim kemenangan dengan menyatukan upaya pertahanan negara, aksi diplomatik, tanggung jawab politik dan ketahanan sekuat baja," ungkap Poroshenko.
 
Sebuah perjanjian damai antara Ukraina dan separatis dibuat di Minsk, Belarusia, pada Februari. Kedua kubu sama-sama melanggarnya.
 
Kematian akibat perang selama 16 tahun di wilayah timur Ukraina hampir mencapai 6900 jiwa.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif