12 Ribu Warga Dievakuasi Usai Depot Senjata Ukraina Terbakar

Arpan Rahman 09 Oktober 2018 17:22 WIB
ukraina
12 Ribu Warga Dievakuasi Usai Depot Senjata Ukraina Terbakar
Asap tampak dari lokasi ledakan gudang senjata di Ukraina. (Foto: AFP).
 Kiev: Sekitar 12.000 orang dievakuasi setelah kebakaran dan serangkaian ledakan di sebuah depot senjata, di bagian utara Ukraina pada Selasa 9 Oktober pagi. Gudang senjata itu diketahui yang berisi ribuan ton amunisi.
 
Belum ada informasi mengenai adanya korban jiwa ataupun terluka dalam insiden di Kota Ichya ini. Kota tersebut berada sekitar 170 kilometer dari Ibu Kota, Kiev.
 
Kebakaran yang disertai ledakan dimulai sekitar pukul 3:30 pagi di depot Kementerian Pertahanan No. 6, yang tersebar di sekitar 1.700 hektar. Ukuran area yang terpengaruh tidak diketahui.
 
Layanan darurat mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "Ada sekitar 88.000 ton amunisi yang berada di dalam depot senjata itu," ujar pihak berwenang Ukraina, seperti dikutip dari AFP, Selasa 9 Oktober 2018.
 
Video di situs web layanan darurat menunjukkan asap membumbung ke udara disertai dengan suara ledakan . Hingga kini diketahui hampir 12.000 orang dievakuasi dari daerah berisiko, termasuk penduduk 38 desa sementara gas dan listrik terputus untuk mencegah kondisi memburuk.
 
Presiden Petro Poroshenko menyerukan pertemuan kepala pasukan keamanan dan berjanji untuk memberi warga semua bantuan yang diperlukan. Sementara Perdana Menteri Volodymyr Groysman melakukan perjalanan ke tempat kejadian dan memimpin pertemuan pejabat untuk menangani situasi darurat ini.
 
Pihak berwenang menutup wilayah udara hingga radius 30 kilometer di sekitar lokasi, serta lalu lintas kereta api dan jalan karena lebih dari seratus petugas pemadam kebakaran bekerja di tempat kejadian. Jaksa militerpun membuka penyelidikan kemungkinan kelalaian oleh pejabat.
 
Timbunan amunisi usang yang berasal dari era Uni Soviet sering menyebabkan kebakaran dan ledakan di Ukraina dan Rusia. Insiden ini adalah kebakaran besar keenam dalam tiga tahun di sebuah gudang senjata tentara Ukraina, yang telah memerangi separatis pro-Rusia di timur negara itu sejak 2014 dalam konflik yang telah menewaskan lebih dari 10.000 orang.
 
Pada Maret 2017, sebuah kebakaran besar meletuskan ledakan di sebuah depot di kota Balakliya di bagian Ukraina timur yang dikuasai Kiev, menewaskan satu orang dan melukai lima orang lainnya. Otoritas Ukraina menyalahkan insiden itu pada 'tindakan sabotase'.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id