Pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un di Vladivostok, Rusia, 25 April 2019. (Foto: AFP).
Pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un di Vladivostok, Rusia, 25 April 2019. (Foto: AFP).

Pertemuan Perdana Putin dan Kim Jong-un

Internasional kim jong-un vladimir putin nuklir korea utara
Fajar Nugraha • 25 April 2019 11:56
Vladivostok: Untuk pertama kalinya Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Korea Utara (Kim Jong-un) melakukan pertemuan tingkat tinggi pertama.
 
Baca juga: Kim Jong-un Bersiap untuk Pertemuan Pertama dengan Putin.
 
Pertemuan ini dijadwalkan berlangsung dua hari dimulai Kamis 25 April 2019, waktu setempat. Saat bertemu, kedua tokoh saling bersalaman dengan hangat di Vladivostok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dua bulan setelah pertemuan gagal dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, di Hanoi, Jong-un bermaksud mencari dukungan dari Putin. Jong-un menginginkan adanya penghapusan sanksi sebagai ganti dari proses denuklirisasi Korut yang tidak bisa didapat dari AS.
 
Ketika tiba di Khasan, Kim memuji sosok Presiden Putin. “Saya mendengar banyak hal baik mengenai Rusia dan ingin berkunjung sejak lama,” ujar Kim Jong-un kepada KCNA, yang dikutip AFP pada Rabu, 24 April 2019.
 
“Tujuh tahun sejak saya memimpin Korut, tapi baru saat ini bisa mengunjungi Rusia,” jelasnya.
 
“Kami mengharapkan kunjungan yang sukses dan saya akan melakukan pembicaraan Presiden Putin mengenai situasi di Semenanjung Korea dan juga hubungan bilateral kedua negara,” imbuh Jong-un.
 
Penasihat Kebijakan Luar Negeri Vladimir Putin, Yuri Ushakov mengatakan bahwa pertemuan ini akan membahas program nuklir Korut. Menurutnya Rusia akan melakukan konsolidasi trend positif yang tidak dicapai dalam pertemuan Kim Jong-un dan Trump di Hanoi
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif