Lebih dari 600 Imigran Diselamatkan di Mediterania
Relawan melakukan simulasi penyelamatan imigran di dekat kapal Aquarius di perairan antara Lampedusa dan Tunisia, 23 Juni 2018. (Foto: AFP/PAU BARRENA)
Valencia: Total 616 imigran yang menaiki 20 kapal, termasuk sebuah kayak, diselamatkan dari lepas pantai Spanyol, Senin 25 Juni 2018.

Ratusan orang itu diselamatkan di perairan dekat Selat Gibraltar dan Laut Alboran yang berada di timur Mediterania. Tiga imigran muda dari Afrika utara ditemukan sedang berusaha mencapai Spanyol dengan menaiki sebuah kayak.

Operasi penyelamatan ini dilakukan delapan hari usai 630 imigran yang berada dalam tiga kapal tiba di pelabuhan Valencia. Salah satu kapal itu berasal dari organisasi non-pemerintah asal Prancis, Aquarius.


Aquarius menyelamatkan sejumlah imigran di lepas pantai Libya pada 9 Juni. Namun pemerintahan baru Italia dan Malta sama-sama mengizinkan mereka untuk berlabuh. Spanyol bersedia menerima mereka.

Sebuah pertemuan berskala kecil Uni Eropa digelar pada akhir pekan kemarin untuk mendiskusikan isu keimigrasian, namun tidak ada langkah konkret yang disepakati.

Spanyol adalah negara favorit ketiga bagi para imigran setelah Italia dan Yunani.

Meski jumlah imigran di Mediterania menurun sekitar separuh dibandingkan 2017, angka totalnya yang mencapai Spanyol melonjak tiga kali lipat. Data dirilis dari Organisasi Keimigrasian Internasional atau IOM.

Data terbaru IOM menunjukkan 12.155 imigran telah mencapai Spanyol sepanjang tahun ini, dan 292 lainnya meninggal dunia dalam upaya menyeberangi Mediterania.

Secara total, hampir 1.000 imigran meninggal dunia di Mediterania tahun ini.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id