Petugas mengangkut serpihan dari pesawat kecil yang jatuh di Umea, Swedia, Minggu 14 Juli 2019. (Foto: TT/AFP/SAMUEL PETTERSON)
Petugas mengangkut serpihan dari pesawat kecil yang jatuh di Umea, Swedia, Minggu 14 Juli 2019. (Foto: TT/AFP/SAMUEL PETTERSON)

Pesawat Pengangkut Penerjun Payung Jatuh di Swedia, 9 Tewas

Internasional kecelakaan pesawat
Willy Haryono • 15 Juli 2019 09:24
Umea: Sebuah pesawat kecil yang membawa sekelompok penerjun payung jatuh di Swedia bagian utara tak lama usai lepas landas pada Minggu 14 Juli. Kecelakaan tersebut menewaskan total sembilan orang di dalam pesawat.
 
Menurut keterangan media lokal, kecelakaan terjadi di pulau Storsandskar, sekitar pukul 14.00 waktu setempat. Sejumlah saksi mata melihat beberapa penerjun payung yang berusaha melompat sebelum pesawat mereka jatuh.
 
Otoritas bandara Swedia, Swedavia, melaporkan bahwa pesawat yang jatuh adalah GippsAero GA8 Airvan. Pesawat tersebut adalah tipe satu mesin buatan Australia yang populer di kalangan penerjun payung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pesawat dilaporkan lepas landas dari sebuah bandara di Umea. Penyebab pasti kecelakaan belum diketahui.
 
"Saya dapat mengonfirmasi semua orang di dalam pesawat tersebut telah meninggal," ucap juru bicara pemerintah daerah Vasterbotten, Gabriella Bandling, dikutip dari laman Stuff.co.nz, Senin 15 Juli 2019.
 
Seorang saksi mata mengatakan kepada radio SVT bahwa dia sempat mendengar suara kencang dari arah atas, sebelum akhirnya melihat sebuah pesawat jatuh ke pulau Storsandskar.
 
Dalam sebuah pernyataan resmi ke media TT, Perdana Menteri Swedia Stefan Lofven mengaku "sangat sedih" atas kecelakaan tragis tersebut. Dia menyampaikan ucapan belasungkawa mendalam kepada keluarga korban.
 
"Merupakan hal penting untuk menginvestigasi penyebab kecelakaan ini," ungkap PM Lofven.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif