Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Kapal Berisi Pengungsi Tenggelam, Seorang Bayi Tewas

Internasional imigran gelap
Fajar Nugraha • 26 Maret 2019 19:15
Istanbul: Sebanyak tiga perempuan dan seorang bayi tewas ketika kapal berisi pengungsi tenggelam di lepas pantai Turki.
 
Pihak penyelamat Turki beruntung bisa menyelematkan 11 orang lainnya yang berada di kapal itu. Diketahui kapal itu tenggelam sekitar 1,7 mil laut dekat Canakkale, Selasa 26 Maret 2019.
 
“Para pengungsi itu diketahui berasal dari Afghanistan dan Iran,” ujar laporan dari kantor berita Anadolu, Selasa, 26 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Belum diketahui apa penyebab dari kapal itu tenggelam. Pihak keamanan masih terus melakukan penyelidikan atas insiden ini.
 
Turki selama ini menjadi rumah dari hampir empat juta pengungsi perang Suriah. Wilayah perairan Turki dikenal sebagai jalur penting bagi imigran gelap yang mencoba peruntungan ke Eropa.
 
Sekitar satu juta orang saat ini sudah melintas ke negara anggota Uni Eropa seperti Yunani dari wilayah Turki sejak 2015. Aliran imigran gelap ini menjadi krisis pengungsi terburuk di Eropa sejak Perang Dunia II.
 
Pemerintah Turki sendiri meraih kesepakatan dengan Uni Eropa pada 2016 untuk mencegah aliran imigran gelap ke Eropa. Berdasarkan kesepakatan itu Turki akan menerima kompensasi insentif dan bantuan keuangan.
 

 

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif