Putin Tunjukkan Pamer Kedekatan Hubungan dengan Xi Jinping

Marcheilla Ariesta 08 Juni 2018 13:39 WIB
tiongkokrusia
Putin Tunjukkan Pamer Kedekatan Hubungan dengan Xi Jinping
Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri), Presiden Tiongkok Xi Jinping (kanan). (Foto: AFP).
Moskow: Presiden Rusia Vladimir Putin sepertinya sengaja ingin mempertunjukkan hubungan khusus dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Usai mengatakan Xi adalah orang yang benar-benar merayakan ulang tahunnya, Putin kini mengunjungi Beijing untuk bertemu sahabatnya itu.

Asisten Profesor Komunikasi Global di Georgia State University Maria Repnikova mengatakan kedua negara semakin dekat, namun ada unsur propaganda global yang bermain.

"Kedua negara benar-benar menggunakan hubungan mereka untuk dipamerkan. Ada alternatif utnuk hegemoni Amerika dan mereka telah melakukan itu untuk sementara sebelum Trump melakukannya," ujar Repnikova, seperti dikutip dari CNN, Jumat 8 Juni 2018.


Menurut dia, kedekatan ini sengaja dipertontonkan ke khalayak global, tak hanya kedua negara.

Putin terakhir mengunjungi Tiongkok pada September 2017. Dia menghadiri KTT BRICS (Brazil, Russia, India, China and South Africa) di Xianmen bersama dengan para pemimpin Brasil, India, dan Afrika Selatan.

Sementara itu, Putin belum lama ini dalam wawancara bersama CCTV mengatakan tidak pernah memiliki hubungan seperti ini dengan pemimpin asing lain.

"Presiden Xi adalah satu-satunya pemimpin negara yang merayakan ulang tahun dengan saya. Padahal kami hanya memiliki beberapa vodka bersama dan mengukir sosis," ucapnya.

Putin mengatakan dia juga tertarik mencoba masakan Qingdao selama di Tiongkok. "Saya suka makanan laut dan bir, meski pun berusaha untuk tidak banyak minum. Namun saya pasti akan mencobanya," pungkas Putin.

Belum diketahui keduanya akan membahas apa dalam pertemuan tersebut.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id