Koin era Romawi Kuno memperlihatkan sosok kaisar Ulpius Cornelius Laelianus. (Foto: HIGHWAYS ENGLAND)
Koin era Romawi Kuno memperlihatkan sosok kaisar Ulpius Cornelius Laelianus. (Foto: HIGHWAYS ENGLAND)

Koin Kekaisaran Romawi Ditemukan di Proyek Perbaikan Jalan

Internasional inggris
Willy Haryono • 18 Mei 2019 16:06
London: Sebuah koin "super langka" dari era kekaisaran Romawi ditemukan dalam sebuah proyek perbaikan jalan di Inggris. Koin tersebut memperlihatkan sosok Ulpius Cornelius Laelianus, kaisar yang dibunuh setelah sempat berkuasa selama dua bulan pada 269 Masehi.
 
Koin ditemukan dalam sesi pengeboran proyek bernilai GBP1,5 miliar (setara Rp27 triliun) untuk meningkatkan akses antara wilayah Cambridge dengan Huntingdon.
 
Arkeolog Steve Sherlock mengatakan penemuan "signifikan" ini adalah kali kedua dalam tipe yang sama di Inggris.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kaisar-kaisar Romawi sangat suka dengan koin. Laelianus berkuasa hanya sekitar dua bulan," ujar pakar koin Julian Bowsher dari Headland Infrastructure, dilansir dari laman BBC, Sabtu 18 Mei 2019.
 
"Ada kemungkinan Laelianus dibunuh di saat yang sama koin ini tiba di Cambridgeshire," lanjut dia.
 
Laelianus merebut takhta dan berkuasa di sebuah kekaisaran yang saat ini telah berubah menjadi negara Jerman dan Prancis. Laelianus kemungkinan dibunuh para prajuritnya sendiri.
 
"Penemuan koin jenis ini sangat langka," ujar Dr Sherlock, kepala tim arkeolog dalam proyek perbaikan jalan rute A14 di Inggris.
 
Sejumlah pakar meyakini koin itu diekspor dari Romawi untuk membantu mendanai perjuangan warga Inggris Celtic dalam melawan Julius Caesar.
 
Proyek perbaikan jalan A14 juga berujung pada penemuan gajah purba Zaman Es dan bukti adanya pembuatan bir di masa lalu, sekitar tahun 400 Sebelum Masehi.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif