Komedian Ukraina, Volodymyr Zelenskiy saat mengetahui hasil exit poll Pilpres Ukraina. (Foto: AFP).
Komedian Ukraina, Volodymyr Zelenskiy saat mengetahui hasil exit poll Pilpres Ukraina. (Foto: AFP).

AS dan Eropa Ucapkan Selamat kepada Presiden Terpilih Ukraina

Internasional ukraina
Marcheilla Ariesta • 22 April 2019 11:20
Kiev: Amerika Serikat dan Eropa memberikan selamat atas terpilihnya Volodymyr Zelenskiy sebagai presiden. Pejabat AS dan Uni Eropa mengatakan mereka mencari kemitraan yang kuat dengan Ukraina.
 
Kedutaan AS di Ukraina merupakan salah satu misi Barat pertama yang bergegas menyelamati Zelenskiy ketika jajak pendapat menunjukkan suara komedian itu memimpin dengan perolehan 74 persen.
 
"Kami mengucapkan selamat kepada presiden terpilih Volodymyr Zelenskiy. Kami menantikan untuk melanjutkan kemitraan AS-Ukraina yang kuat dengan Presiden terpilih Zelenskiy," kata Dubes AS untuk Ukraina, dikutip dari laman Russia Today, Senin 22 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Komedian Menang Telak dalam Pilpres Ukraina
 
Misi AS juga berterima kasih kepada Petro Poroshenko, sekutunya yang anti-Rusia. "Terima kasih atas upayanya selama lima tahun terakhir memperkuat keamanan, kemakmuran, dan demokrasi Ukraina," imbuhnya.
 
Setelah itu, ucapan selamat juga mengalir dari negara-negara Barat lainnya. Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt mengatakan bahwa komedian yang menjadi politikus itu benar-benar menjadi 'Hamba Rakyat.' Ucapan Hunt merujuk pada acara televisi "Servant of the People" yang pernah dibintangi Zelenskiy.
 
"Selamat kepada Volodymyr Zelenskiy atas kesuksesan Anda di pemilihan presiden. Anda kini benar-benar 'Hamba Rakyat,'" tuturnya.
 
"Kami akan melihat kelanjutan kerja sama Inggris untuk mendukung Ukraina," imbuh Hunt.
 
Baca juga:Berbesar Hati, Poroshenko Akui Kekalahan di Pilpres Ukraina
 
Presiden Prancis Emmanuel Macron juga menyampaikan ucapan selamat. Macron, Satu-satunya pemimpin Eropa pertama yang pernah bertemu Zelenskiy, menghubungi sang komedian via telepon.
 
Sementara itu, media lokal melaporkan duta besar Prancis dan Estonia sudah mengunjungi Zelenskiy di kantor kampanyenya di Kiev saat menunggu hasil hitung cepat.
 
Ketua Dewan Eropa, Donald Tusk, juga memuji kemenangan Zelenskiy. Dia meyakinkan presiden terpilih Ukraina bahwa Uni Eropa akan mendukungnya 100 persen.
 
"Kemenangan Anda merupakan manifestasi dari demokrasi Ukraina yang kuat," ungkap Tusk.
 
Zelenskiy menang telak dari Poroshenko dengan meraih 73 persen suara berdasarkan hasil exit poll. Sementara Poroshenko hanya meraup 25,5 persen.
 
Ini merupakan hasil luar biasa bagi Zelenskiy yang awalnya terkesan bercanda saat memulai kampanye. Kemenangan ini mengindikasikan rasa frustrasi sebagian warga Ukraina terhadap ketidakadilan sosial, korupsi serta ketegangan dengan Rusia.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif