Volodymyr Zelenskiy berbicara di markas kampanyenya di Kiev, Ukraina, 21 April 2019. (Foto: AFP/GENYA SAVILOV)
Volodymyr Zelenskiy berbicara di markas kampanyenya di Kiev, Ukraina, 21 April 2019. (Foto: AFP/GENYA SAVILOV)

Komedian Menang Telak dalam Pilpres Ukraina

Internasional ukraina
Willy Haryono • 22 April 2019 06:25
Kiev: Seorang komedian tanpa pengalaman politik apapun berhasil menang telak dalam pemilihan umum presiden putaran kedua di Ukraina, Minggu 21 April 2019. Ia berhasil mengalahkan petahana Petro Poroshenko dengan selisih suara yang cukup jauh.
 
Volodymyr Zelenskiy, yang hanya menduduki jabatan politik di acara televisi, berhasil meraih 73 persen suara berdasarkan hasil exit poll. Sementara Poroshenko hanya bisa meraih 25,5 persen.
 
Ini merupakan hasil luar biasa bagi Zelenskiy yang awalnya terkesan bercanda saat memulai kampanye. Kemenangan ini mengindikasikan rasa frustrasi sebagian warga Ukraina terhadap ketidakadilan sosial, korupsi serta ketegangan dengan Rusia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Zelenskiy akan menjadi presiden untuk 45 juta warga Ukraina setelah sebelumnya hanya berpura-pura menjadi kepala negara dalam acara televisi "Servant of the People."
 
"Saya tidak akan pernah mengecewakan kalian semua," tutur Zelenskiy kepada para pendukungnya di Kiev, dilansir dari laman AFP.
 
"Kepada semua negara pecahan Soviet: 'Lihatlah kami! Tidak ada yang tidak mungkin!'," ungkapnya.
 
Pernyataan Zelenskiy diyakini sejumlah pihak ditujukan kepada Rusia, di mana Presiden Vladimir Putin telah berkuasa selama 20 tahun. Dalam pilpres Ukraina kali ini, banyak warga Negeri Beruang Merah memantau perkembangannya.
 
Di jalanan Kiev, sejumlah warga Ukraina merayakan kemenangan Zelenskiy. "Ukraina telah berhasil melewati ujian demokrasi," sebut Mykola, seorang pensiunan berusia 66 tahun.
 
"Saya berharap warga biasalah yang akan hidup lebih baik di negara ini, bukan para elite," sambung dia.
 
Suara dari ukraina wilayah timur dan barat didominasi Zelenskiy. Padahal selama ini, wilayah barat dikenal sebagai basis dari Poroshenko.
 
Sebelumnya menjelang pemungutan suara, Zelenskiy menjanjikan Ukraina yang "bebas korupsi dan tanpa praktik suap" jika dirinya berhasil menang.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif