Gempa 6,8 SR Guncang Area Pulau Vulkanik Norwegia
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Medcom.id)
Oslo: Gempa bumi berkekuatan 6,8 Skala Richter di dekat sebuah pulau Norwegia bernama Jan Mayen di Samudra Arktik, Jumat 9 November 2018. Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS menyebut kedalaman gempa mencapai 10 kilometer dan berlokasi 722 km dari Akureyri, Islandia.

Guncangan memicu gelombang tinggi di Laut Greenland. Namun, Pusat Peringatan Tsunami AS mengatakan gelombang berbahaya tidak akan melanda area padat penduduk.

Pulau Jan Mayen adalah rumah bagi Gunung Berapi Beerenberg. Terakhir kalinya Beerenberg meletus adalah di tahun 1970 dan 1985.


Dengan ketinggian 2.277 meter, Beerenberg adalah gunung tertinggi di Lingkar Arktik. Jan Mayen pernah enam kali diguncang gempa bumi di masa lalu.

"Tidak ada laporan kerusakan bangunan atau korban tewas serta luka akibat gempa," ucap keterangan kepolisian Norwegia, seperti dinukil dari kantor berita Express.

Sekelompok orang yang berada di Jan Mayen adalah personel militer dari Angkatan Bersenjata Norwegia. Stasiun meteorologi Norwegia di pulau tersebut hanya berlokasi beberapa kilometer dari Olonkinbyen, kompleks para personel militer tersebut.

Sepanjang tahun ini, hampir tidak ada sinar matahari di Jan Mayen. Rata-rata temperatur harian di pulau tersebut adalah minus 3 derajat Celcius.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id