Trump Sebut Perjanjian Iklim Paris Penyebab Demo Prancis

Marcheilla Ariesta 09 Desember 2018 00:00 WIB
prancis
Trump Sebut Perjanjian Iklim Paris Penyebab Demo Prancis
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Foto: AFP.
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan keputusannya tepat untuk keluar dari Perjanjian Paris mengenai perubahan iklim. Dia mengatakan akibat perjanjian tersebut, protes merebak di seluruh Prancis.

"Perjanjian Paris tidak berjalan dengan baik untuk negara itu. Protes dan kerusuhan ada di seluruh Prancis," kata Trump, dilansir dari laman AFP, Sabtu 8 Desember 2018.

Pidatonya tersebut disampaikan di tengah pertemuan mengenai iklim di Polandia. Dalam pertemuan itu, hampir 200 orang setuju untuk membuat buku aturan universal mengenai kesepakatan iklim.


"Orang-orang tidka mau membayar uang dalam jumlah besar dan banyak ke negara ketiga, untuk melindungi lingkungan," imbuh dia.

Tahun lalu, Washington mengundurkan diri dari kesepakatan iklim Paris. Trump mengatakan kesepakatan Paris sebagai perjanjian yang ditujukan untuk memincangkan, merugikan, dan memiskinkan Amerika Serikat.

Dia berpendapat kesepakatan akan menyebabkan kehilangan Produk Domestik Bruto sebesar USD3 triliun dan 6,5 juta lapangan kerja, sementara saingan ekonomi seperti Tiongkok dan India mendapat perlakuan yang lebih baik.



(JMS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id