Jeremy Hunt (kiri) memberikan selamat kepada Boris Johnson, usai kalah dalam pemilihan Ketua Partai Konservatif Inggris. Foto: AFP.
Jeremy Hunt (kiri) memberikan selamat kepada Boris Johnson, usai kalah dalam pemilihan Ketua Partai Konservatif Inggris. Foto: AFP.

Kalah dari Boris Johnson, Jeremy Hunt Beri Selamat

Internasional inggris boris johnson
Fajar Nugraha • 23 Juli 2019 19:37
London: Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt, yang bertarung dengan Boris Johnson untuk kursi perdana menteri, mengakui kekalahannya. Hunt yakin Johnson akan menjadi pemimpin hebat.
 
Baca juga: Boris Johnson, Perdana Menteri Inggris Terbaru.
 
“Anda (Johnson) akan menjadi perdana menteri yang hebat bagi negara ini di saat kritis sekarang! Sepanjang kampanye Anda memperlihatkan optimistik, energi dan kepercayaan diri tak terbatas mengenai negeri ini dan kita membutuhkan hal itu. Doa terbaik dari sang entrepeneur,” tulis Hunt melalui akun Twitternya, seperti dikutip BBC, Selasa, 23 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Johnson memenangkan posisi Ketua Partai Konservatif yang juga otomatis menggantikan posisi Theresa May sebagai perdana menteri. Melalui penghitungan suara di Partai Konservatif, Johnson mendapatkan dukungan 92.153. Sementara Hunt hanya meraih 46.656 suara.
 
Ucapan selamat pun mengalir dari berbagai pihak termasuk Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Perdana Menteri Australia Scott Morrisson dan para politikus di dalam negeri Inggris.
 
Ketua Partai Buruh Jeremy Corbyn juga bersuara mengenai kemenangan mantan Wali Kota London itu. Corbyn tidak sepakat dengan sikap Johnson yang akan memaksakan Brexit meskipun tanpa ada kesepakatan dengan Uni Eropa.
 
“Boris Johnson memenangkan dukungan kurang dari 100 ribu anggota Partai Konservatif yang tidak terwakili. Dia menjanjikan pemotongan pajak untuk orang kaya, dan memperlihatkan dirinya sebagai sahabat para bankir dan mendorong Brexit tanpa kesepakatan,” tegas Corbyn.
 
“Tetapi dia tidak memenangkan dukungan dari negeri ini,” tuturnya.
 
Baca juga: Ucapan Selamat dan Kekhawatiran untuk Boris Johnson.
 
Lebih lanjut Corbyn mengatakan bahwa Brexit yang tidak disertai kesepakatan dari Johnson, berarti pemotongan pekerjaan, harga yang melonjak serta layanan kesehatan (NHS) dijual kepada perusahaan AS sebagai bagian kesepakatan dengan Donald Trump.
 
Corbyn menilai, Inggris harus menentukan perdana menterinya melalui pemilihan umum.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif