Kepala UNHCR Filippo Grandi dalam konferensi pers di Jenewa, 17 Juni 2019. (Foto: AFP/FABRICE COFFRINI)
Kepala UNHCR Filippo Grandi dalam konferensi pers di Jenewa, 17 Juni 2019. (Foto: AFP/FABRICE COFFRINI)

PBB: Lebih dari 70 Juta Orang Telantar di Akhir 2018

Internasional pengungsi sinabung pbb
Willy Haryono • 19 Juni 2019 13:02
Jenewa: Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mencatat lebih dari 70 juta orang di seantero dunia telantar usai terusir dari tempat tinggal mereka masing-masing per akhir 2018 lalu.
 
Dalam laporan tahunannya, Agensi Pengungsian PBB (UNHCR) menyebutkan bahwa angka 70,8 juta orang di akhir 2018 itu tidak menggambarkan jumlah sesungguhnya di luar sana. Ini terutama dikarenakan jumlah warga yang melarikan diri dari Venezuela tidak diketahui secara pasti.
 
Pada akhir 2017, PBB mencatat 68,5 juta orang terusir dari rumah mereka masing-masing akibat aksi kekerasan atau persekusi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


UNHCR mencatat kenaikan angka tahun lalu dibanding 2017 dikarenakan meningkatnya konflik antaretnis di Ethiopia dan juga krisis ekonomi dan politik di Venezuela. Di Venezuela, jutaan warga melarikan diri karena kesulitan mendapat bahan-bahan pokok seperti makanan dan obat-obatan.
 
Menurut estimasi PBB, 3,3 juta orang telah meninggalkan rumah mereka di Venezuela sejak awal 2016.
 
Kepala UNHCR Filippo Grandi mengatakan kepada awak media di Jenewa bahwa angka 70,8 juta, terkait Venezuela, hanya meliputi mereka yang secara resmi mengajukan permohonan suaka. Angka resmi tersebut berkisar setengah juta, sementara sisanya tidak dimasukkan dalam laporan PBB.
 
Secara keseluruhan, jumlah orang telantar di dunia meningkat dua kali lipat dibanding 20 tahun lalu. Jumlah saat ini sudah melampaui total populasi Thailand.
 
Tren orang telantar ini, tambah Gandi, diyakini akan terus meningkat "ke arah yang salah."
 
Berdasarkan definisi dari kelompok Amnesty International, pengungsi adalah orang yang melarikan diri dari negara mereka dan tidak bisa atau tidak mau pulang akibat konflik atau takut terkena persekusi.
 
Laporan terbaru PBB mencatat ada 41,3 juta orang telantar internal (IDP), 25,9 juta pengungsi dan 3,5 juta pencari suaka.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif