Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan memulai kunjungan ke Inggris. (Foto: AFP).
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan memulai kunjungan ke Inggris. (Foto: AFP).

Berbagai Bahasan dalam Kunjungan Kenegaraan Trump ke Inggris

Internasional amerika serikat inggris
Arpan Rahman • 03 Juni 2019 14:39
London: Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan tiba di Inggris pada Senin pagi untuk kunjungan kenegaraan tiga hari. Air Force One diperkirakan mendarat di Bandara Stansted London pukul 09:00 waktu setempat.
 
Trump hendak bertemu anggota Keluarga Kerajaan, dan diperkirakan akan membahas perubahan iklim dan perusahaan teknologi Tiongkok Huawei selama pembicaraan dengan Perdana Menteri Theresa May yang akan mengundurkan diri.
 
Protes dijadwalkan di seluruh Inggris selama kunjungannya, termasuk di London, Manchester, Belfast, dan Birmingham.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun Trump sudah mengungkapkan kekagumannya terhadap May, diperkirakan ada perbedaan pendapat selama pembicaraan mereka, yang dimulai pada Selasa.
 
PM May akan mengangkat masalah perubahan iklim, juru bicara pemerintah lagi mengatakan bahwa Inggris "kecewa dengan keputusan AS menarik diri dari Perjanjian Paris pada 2017".
 
Kedua pemimpin itu juga diperkirakan membahas Huawei. AS telah memasukkan daftar hitam perusahaan Tiongkok tersebut untuk alasan keamanan. Sementara Inggris mungkin mengizinkannya buat memasok komponen "non-inti" untuk jaringan 5G.
 
Sebelum kunjungan itu, Presiden Trump mengatakan kepada surat kabar Sun bahwa ia mendukung calon pemimpin Partai Konservatif Boris Johnson untuk menjadi perdana menteri Inggris berikutnya.
 
Dia juga mengatakan kepada Sunday Times bahwa pemimpin Partai Brexit, Nigel Farage -- seorang kritikus kritis May -- harus dilibatkan dalam negosiasi pemerintah untuk meninggalkan Uni Eropa.
 
Pada Senin, presiden direncanakan menggelar tur Westminster Abbey dan juga bertemu Pangeran Charles dan Duchess of Cornwall untuk minum teh di Clarence House. Di malam hari, Ratu Elizabeth akan mengadakan perjamuan kenegaraan di Istana Buckingham bagi presiden dan Ibu Negara Melania Trump.
 
Sang Ratu akan bergabung dengan Duke dan Duchess of Cambridge. Sedangkan Duchess of Sussex tidak hadir setelah kelahiran putranya Archie, yang berusia kurang dari sebulan. Pada Minggu, Trump membantah menyebut duchess itu "jahat", meskipun dia berucap kata itu dalam sebuah rekaman.
 
Di Istana Buckingham, presiden dan Ratu dijadwalkan berpidato di depan para tamu, yang meliputi warga Amerika terkemuka yang tinggal di Inggris. Presiden Trump akan tinggal di kediaman duta besar AS Winfield House, di Regent's Park pusat London.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif