Proses pendaftaran dalam pemungutan suara di Helsinki, Finlandia, 13 April 2019. (Foto: PPLN Helsinki)
Proses pendaftaran dalam pemungutan suara di Helsinki, Finlandia, 13 April 2019. (Foto: PPLN Helsinki)

Kenangan Pencinta Kopi saat Mengikuti Pemilu 2019 di Helsinki

Internasional pilpres 2019
15 April 2019 17:11
Helsinki: Ada kisah "manis" dari warga negara Indonesia pencinta kopi yang menggunakan hak pilih mereka dalam pemilihan umum 2019 di Helsinki, Finlandia. Mereka mengaku sangat senang dengan kesigapan Panitia Pemilihan Umum Luar Negeri (PPLN) Helsinki dalam memfasilitasi pemungutan suara.
 
Berikut kisah pengalaman mereka, dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Senin 15 April 2019.
 
Saya, Yuslisar Ningsih, TAIG (Tim Ahli Indikasi Geografis) Kementerian Hukum dan HAM, yang sedang melakukan perjalanan dinas ke Helsinki, Finlandia dari tanggal 9 – 29 April 2019 ikut berpartisipasi dalam acara Helsinki Coffee Festival dengan didampingi rekan saya, Corrie Naryati (salah satu anggota IIDI cabang Tangerang). Selain itu, bersama kami ikut juga dr. Siti Mirza Nuria, Spesialis Kebidanan dan dr. Emir Rasyid, sebagai dokter dan pengusaha restoran di Palembang, yang aktif mempromosikan kopi Robusta Semendo ke pasar internasional melalui partisipasi pada festival kopi Helsinki.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam rangka memenuhi hak dan kewajiban selaku WNI dan mendukung suksesnya Pemilihan Umum 2019, maka kami melakukan persiapan dengan sebaik-baiknya. Untuk itu, kami melakukan koordinasi dengan PPLN Helsinki setempat, dan mendapatkan informasi langsung dari Ketua PPLN, Bpk Adrianto Dwi Nugroho, sebagai berikut:
 
1. Kami harus mengisi form yang ada di https://eu.jotform.com/build/90112707517350
 
2. Karena kami mendapatkan kesulitan dalam pengisian data tersebut, maka kami menghubungi Bpk Adrianto. Beliau sangat kooperatif, akomodatif dan menawarkan diri untuk membantu kami dalam pengisian tersebut. Kami diminta untuk mengirimkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk pengisian data.
 
3. Kami disarankan untuk mengurus formulir A5 ke Kelurahan masing-masing.
 
4. Setelah mendapatkan formulir A5, kami meng-copy formulir tersebut dan mengirimkan ke PPLN Helsink cq Bpk Adrianto melalui WA. Formulir A5 asli, kami bawa ke Helsinki.
 
Selama kami mengurus data-data untuk dapat mengikuti Pemilu di Helsinki, kami sangat dilayani dengan ramah, kooperatif dan akomodatif oleh Bpk Adrianto. Beliau adalah alumni FH UGM yang sedang mengambil program doktoral tentang hukum perpajakan (S3) di Helsinki.
 
Terima kasih untuk Bpk Adrianto yang dengan baik, ikhlas dan ramah dalam mambantu kami.
 
Pada saat pemungutan suara Pemilu di Helsinki, pada tanggal 13 April 2019, kami hadir pukul 10.00 waktu setempat. Kami melakukan registrasi daftar hadir dan menyerahkan formulir A5 asli kepada petugas. Kemudian kami dipersilakan untuk duduk dan menunggu panggilan untuk melakukan pencoblosan. Pada saat kami dipanggil oleh petugas untuk mencoblos, kami melakukan pencoblosan dengan aman, tertib, lancar, dan tidak ada tekanan atau paksaan.
 
Sebagai delegasi pada Festival Kopi Helsinki, dr Siti Mirza Nuria dan dr Emir, juga melakukan pencoblosan di TPSLN Helsinki. Karena keberadaan mereka di Helsinki adalah dalam rangka menjalankan tugas, maka sesuai Peraturan KPU No. 9 Tahun 2019 pasal 99 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Dalam Pemilihan Umum, maka dr Siti Mirza Nuria dan dr Emir terdaftar sebagai DPKLN (Daftar Pemilih Khusus Luar Negeri) dan diberikan kesempatan untuk mencoblos pada satu jam terakhir sebelum penutupan waktu pencoblosan dan bila masih tersedia surat suara.

 
Sebagai WNI yang patuh hukum, maka dr Siti Mirza Nuria dan dr Emir pun datang kembali ke TPSLN sekitar pukul 17.00 waktu setempat dan berhasil melakukan pencoblosan dengan aman dan damai. Terima kasih PPLN Helsinki.
 
Kenangan Pencinta Kopi saat Mengikuti Pemilu 2019 di Helsinki
dr Emir Rasyid. (Foto: PPLN Helsinki)
 
Kenangan Pencinta Kopi saat Mengikuti Pemilu 2019 di Helsinki
dr Siti Mirza Nuria. (Foto: PPLN Helsinki)
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif