Komedian Ukraina Volodymyr Zelensky, yang memenangkan pemilihan presiden di Ukraina. (Foto: AFP).
Komedian Ukraina Volodymyr Zelensky, yang memenangkan pemilihan presiden di Ukraina. (Foto: AFP).

Reagan Hingga Zelensky, Selebritas yang Terjun ke Politik

Internasional ukraina
Arpan Rahman • 23 April 2019 12:38
Kiev: Komedian Ukraina Volodymyr Zelensky, yang memenangkan pemilihan presiden Minggu di Ukraina, mengikuti jejak beberapa selebritas -- dari aktor Amerika Serikat Ronald Reagan hingga pemain sepak bola Liberia George Weah -- yang mencaplok pekerjaan politik utama di negara mereka.
 
Selebritas dunia yang menggebrak blantika politik dilansir dari Channel News Asia, Selasa 23 April 2019, antara lain:
 
Aktor dan Pelawak

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Reagan, aktor Hollywood selama lebih dari dua dekade, adalah bintang film pertama yang menjadi kepala negara.
 
Dia terpilih sebagai Gubernur California pada 1966 sebelum memulai yang pertama dari dua masa jabatan sebagai Presiden AS ke-40 pada 1981.
 
Bintang Hollywood Arnold Schwarzenegger kemudian juga membuat lompatan dari sinema ke politik.
 
Binaragawan dan aktor laga itu menjadi gubernur asal Partai Republik di California, negara bagian AS yang terkaya dan terpadat, dari 2003 hingga 2011.
 
Di Filipina, bintang film aksi Joseph Estrada, yang membintangi sekitar 100 film, memasuki dunia politik pada 1969, menjadi wali kota, senator, dan wakil presiden.
 
Baca juga:Komedian Menang Telak dalam Pilpres Ukraina.
 
Dia terpilih sebagai presiden pada 1998 tetapi terdepak dari jabatannya pada 2001 akibat penolakan rakyat setelah tuduhan korupsi.
 
Di Guatemala, Jimmy Morales -- mantan komik TV tanpa pengalaman politik sebelumnya yang berkampanye demi janji-janji anti korupsi -- terpilih sebagai presiden pada Oktober 2015.
 
Juga seorang produser film dan bintang panggung TV, Morales terkenal dengan filmnya pada 2007 "A President in a Sombrero" (Seorang Presiden dengan Sebuah Topi Sombrero) di mana ia memerankan seorang koboi kulit hitam bernama Neto yang hampir saja terpilih sebagai presiden secara kebetulan.
 
Aktor sinema dan teater populer lainnya, Salvador del Solar, menjadi menteri kebudayaan Peru pada 2016, sebelum diangkat menjadi perdana menteri pada Maret 2019.
 
Kaitan Bisnis dan Pertunjukan TV
 
Mogul media Italia Silvio Berlusconi, yang terkenal karena membumbui program televisinya dengan para wanita yang hampir telanjang, merupakan perdana menteri Italia pada tiga kesempatan antara 1994 dan 2011.
 
Terlepas dari benturannya dengan hukum, tokoh itu dikenal sebagai "imortal" atas umur panjangnya dalam memimpin politik sayap kanan Italia selama lebih dari dua dekade.
 
Pada Januari 2017, maestro real estate AS dan bintang reality TV Donald Trump, yang keterpilihannya mengejutkan dunia, memasuki Gedung Putih tanpa pengalaman politik, diplomatik atau militer.
 
Presiden Amerika Serikat ke-45 tersebut menjadi pembawa acara TV "The Apprentice" antara tahun 2004 dan 2015.
 

Musik dan Lagu
 
Di Lithuania, musisi Vytautas Landsbergis memimpin negaranya menuju kemerdekaan dari Uni Soviet dan pada 1990 terpilih sebagai presiden.
 
Di Haiti, penyanyi karnaval populer Michel Martelly -- yang dikenal oleh para generasi muda negara itu sebagai "Sweet Micky" -- memenangkan pemilihan presiden April 2011 dengan lebih dari 67 persen suara, berkuasa hingga 2016.
 
Dari Olahraga ke Politik
 
Sebagai pemenang medali emas Olimpiade ganda pada 1968 dan 1972, Pal Schmitt menjadi presiden keempat Hongaria yang demokratis pada 2010.
 
Dia terpaksa mengundurkan diri dua tahun kemudian sesudah dituduh melakukan plagiarisme dalam tesis doktoralnya.
 
George Weah muncul dari permukiman kumuh Liberia buat menjadi superstar sepak bola pada 1990-an dan terpilih sebagai presiden negara Afrika barat pada Desember 2017.
 
Satu-satunya pemain Afrika yang memenangkan Ballon d'Or, ia memasuki dunia politik pada akhir perang saudara 1989-2003 di negara itu, memenangkan jabatan politik pertamanya sebagai senator pada 2014.
 
Baca juga: Berbesar Hati, Poroshenko Akui Kekalahan di Pilpres Ukraina.
 
Pada Agustus 2018, mantan juara kriket Imran Khan, yang diidolakan oleh jutaan rakyat Pakistan karena memimpin tim kriket nasional meraih satu-satunya kemenangan di Piala Dunia pada 1992, menjadi perdana menteri.
 
Jauh dari proses pemilihan, diktator Uganda Idi Amin Dada, yang merebut kekuasaan pada tahun 1971 dalam kudeta, adalah mantan juara tinju kelas berat.
 
Yang lain menggabungkan pekerjaan dalam sastra dan politik, seperti penyair dan penulis Senegal Leopold Sedar Senghor, yang menjadi presiden pertama republik setelah kemerdekaan pada tahun 1960, dan Vaclav Havel yang pada 1989 memenangkan pemilihan presiden pertama pasca-komunis Cekoslowakia.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif