PM Spanyol Minta UE Bersama-sama Hadapi Krisis Imigran
PM Spanyol Pedro Sanchez (kanan) dan Kanselir Jerman Angela Merkel. (Foto: AFP Photo/CRISTINA QUICLER)
San Lucar de Barrameda: Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez meminta semua anggota Uni Eropa untuk bersatu menghadapi krisis keimigrasian sebagai sebuah "tantangan bersama."

Dalam konferensi pers bersama Kanselir Jerman Angela Merkel di kota San Lucar de Barrameda, PM Sanchez menyebut mengurangi ketimpangan dalam menangani imigran di kalangan negara anggota harus menjadi salah satu prioritas UE.

"Ini adalah sesuatu yang hanya bisa kita capai sebagai satu kesatuan di antara negara anggota Uni Eropa. Saya rasa Spanyol dan Jerman sepakat dalam hal tersebut," ujar PM Sanchez, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu 11 Agustus 2018.


Sementara itu, Merkel menyebut jumlah imigran harus didistribusikan secara adil ke semua anggota UE. 

"Harus disebar ke seantero Uni Eropa, karena ini tantangan bagi semua anggota, bukan beberapa negara saja," tegas Merkel.

Merkel mengatakan Jerman mendukung upaya Spanyol dalam memutus gelombang imigran dari Maroko ke Spanyol via Laut Mediterania.

Senin kemarin, Berlin dan Madrid menandatangani kesepakatan mengenai imigran. Perjanjian menyebut para imigran di Jerman bisa dipulangkan ke Spanyol dalam kurun waktu 48 jam jika mereka sudah memiliki permohonan suaka di Negeri Matador.

Spanyol adalah negara pertama anggota UE yang menandatangani perjanjian semacam itu dengan Jerman.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id