Prajurit Ukraina berjalan melewati ranjau darat anti-tank di Schastya, Lugansk, 29 Oktober 2015. (Foto: AFP/ALEKSEY FILIPPOV)
Prajurit Ukraina berjalan melewati ranjau darat anti-tank di Schastya, Lugansk, 29 Oktober 2015. (Foto: AFP/ALEKSEY FILIPPOV)

Bus Umum Terkena Ranjau, Tiga Penumpang Tewas

Internasional krisis ukraina
Willy Haryono • 10 Februari 2016 18:06
medcom.id, Donetsk: Tiga warga sipil tewas saat bus yang mereka tumpangi terkena ranjau darat di Ukraina bagian timur, Rabu (10/2/2016).
 
"Dua meninggal di lokasi dan satu di dalam ambulans menuju rumah sakit," kata juru bicara militer Ukraina di Kiev, Andriy Zadubinnyi, kepada AFP.
 
Ia menambahkan adanya dua penumpang lain yang terluka dan langsung dirawat di lokasi kejadian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ledakan terjadi dekat desa Novomykhailivka, sekitar 25 kilometer dari markas pemberontak di Donetsk. Bus meledak terkena ranjau setelah meninggalkan kawasan yang dipenuhi separatis pro Rusia.
 
Sopir bus diduga mengabaikan tanda peringatan bahaya ranjau darat dan mengemudi ke daerah berbahaya. Ranjau meledak hanya beberapa ratus meter dari perbatasan Ukraina.
 
"Menurut informasi awal, bus berusaha menghindari antrean kendaraan lain," tutur Zadubinnyi.
 
Menurut data PBB, lebih dari 9.000 orang tewas dan 20 ribu lainnya terluka di Ukraina timur sejak April 2014. Kiev dan negara Barat menuding Rusia mendukung separatis dengan mengirim pasukan darat. Moskow selalu membantahnya.
 
Serangkaian perjanjian gencatan senjata membantu meredam ketegangan, namun bentrokan masih kerap terjadi dari waktu ke waktu.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif