Krisis Rusia-Ukraina, DK PBB Akan Lakukan Pertemuan Darurat

Fajar Nugraha 26 November 2018 09:58 WIB
Rusia-Ukraina
Krisis Rusia-Ukraina, DK PBB Akan Lakukan Pertemuan Darurat
Sebuah kapal yang melintas Semenanjung Krimea. (Foto: Sputnik).
New York: Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) akan mengadakan pertemuan darurat pada Senin setelah Rusia menegaskan telah menyita tiga kapal angkatan laut Ukraina dengan paksa di Selat Kerch dekat Krimea.

Baca juga: Rusia Tembak Kapal Perang Ukraina, Picu Krisis Baru.

"Rapat darurat Dewan Keamanan PBB akan dilakukan untuk Senin (26 November) pukul 11:00 (waktu New York),” sebut Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB, Nikki Haley, dalam akun Twitter-nya, seperti dikutip AFP, Senin 26 November 2018.


Sementara pertemuan ini sendiri menurut seorang sumber diplomatik kepada AFP menyebutkan, diminta oleh Rusia dan Ukraina. Angkatan laut Ukraina menuduh Rusia insiden yang belum pernah terjadi sebelumnya, termasuk menembaki kapal-kapal di Selat Kerch. Selat ini adalah sebuah perairan sempit yang membuka akses ke Laut Azov yang digunakan oleh kedua negara.

"Untuk menghentikan kapal-kapal militer Ukraina, senjata digunakan. Tiga kapal Angkatan Laut Ukraina sudah digeledah dan  ditahan,“ kata petugas keamanan FSB Rusia.

Baca juga: Rusia Tegaskan Tahan Tiga Kapal Angkatan Laut Ukraina.

Angkatan Laut Ukraina mengatakan insiden itu terjadi ketika dua kapal perang kecil dan sebuah kapal tunda sedang menuju selat untuk pelabuhan Mariupol. Dikatakan sebuah kapal penjaga perbatasan Rusia menabrak kapal tunda itu dalam ‘tindakan agresif terbuka’ dan kemudian menembaki kapal-kapal itu, melumpuhkan ketiganya.

Mereka juga juga mengatakan Selat Kerch diblokade oleh kapal tanker, dan bahwa pesawat militer Rusia terbang di atas daerah itu. Enam tentara Ukraina dikabarkan terluka, tetapi FSB menjelaskan tiga tentara Ukraina yang menderita luka parah dan diberi perawatan medis.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id