Presiden AS Donald Trump (kanan) dan Wali Kota London Sadiq Khan. (Foto: AFP)
Presiden AS Donald Trump (kanan) dan Wali Kota London Sadiq Khan. (Foto: AFP)

Wali Kota London Sebut Trump Fasis Abad ke-20

Internasional inggris donald trump
Arpan Rahman • 02 Juni 2019 17:10
London: Wali Kota London Sadiq Khan menyebut Presiden Amerika Serikat Donald Trump sebagai "fasis abad ke-20." Menurut Khan, sebutan tersebut pantas disematkan kepada Trump yang berhaluan ekstrem kanan.
 
Pernyataan tersebut disampaikan Khan menjelang kunjungan Trump ke Inggris pada Senin 3 Juni besok. Menuliskan pandangannya di media Observer, Khan menyayangkan mengapa pemerintah Inggris mau menerima Trump, yang juga dijadwalkan menjadi tamu kehormatan Ratu Elizabeth II.
 
"Presiden Donald Trump adalah contoh mengerikan dari ancaman global," kata Khan, dilansir dari Guardian, Sabtu 1 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ekstrem kanan telah berkembang di seluruh dunia, dan mengancam hak serta kebebasan dan nilai-nilai yang telah membentuk masyarakat demokratik sejak 70 tahun terakhir," ungkapnya.
 
Khan menyebutkan beberapa nama tokoh yang disebutnya sama-sama berhaluan ekstrem kanan dan sejalan dengan Trump. Mereka adalah Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban; Wakil PM Italia Matteo Salvini; pemimpin partai National Rally Prancis Marine Le Pen; dan Kepala Partai Brexit Inggris Nigel Farage.
 
Menurut Khan, Trump dan tokoh-tokoh yang disebutkannya menggunakan pendekatan fasis untuk menggalang dukungan, namun dengan metode baru di abad ke-20. "Mereka mendapatkan kekuatan serta pengaruh di posisi-posisi yang tidak pernah dibayangkan semua orang beberapa tahun lalu," sebut Khan.
 
Sementara itu mengenai Inggris, Trump menyarankan agar Inggris bersiap menghadapi Brexit tanpa menyepakati perjanjian apapun. Brexit, atau Britain Exit, adalah istilah untuk keluarnya Inggris dari keanggotaan Uni Eropa.
 
Tenggat waktu terbaru yang disepakati untuk Brexit adalah Oktober mendatang, dan hingga saat ini belum ada tanda-tanda perjanjian apapun antara Inggris dengan UE.
 
"Jika tidak mendapatkan perjanjian seperti yang kalian mau, dan jika perjanjian itu tidak adil, maka tinggalkan saja," sebut Trump. Pernyataan disampaikan menjelang kunjungan Trump ke Inggris.
 
Baca:Trump Dukung Boris Johnson Jadi PM Inggris
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif