Pemimpin Ukraina Petro Poroshenko, kalah dalam pilpres 2019. (Foto: AFP).
Pemimpin Ukraina Petro Poroshenko, kalah dalam pilpres 2019. (Foto: AFP).

Berbesar Hati, Poroshenko Akui Kekalahan di Pilpres Ukraina

Internasional ukraina
Marcheilla Ariesta • 22 April 2019 08:28
Kiev: Pemimpin Ukraina Petro Poroshenko mengakui kekalahannya dalam pemilihan presiden 2019. Dia mengucapkan selamat kepada komedian ternama, Volodymyr Zelenskiy.
 
Poroshenko mengatakan hasil pilpres sudah terlihat jelas, meski baru terlihat dari exit poll. Dia kemudian mengucapkan selamat kepada Zelenskiy via sambungan telepon.
 
"Saya akan meninggalkan kantor kepresiden, tapi saya tekankan dan tegaskan, saya tidak akan keluar dari dunia politik," kata Poroshenko, dilansir dari laman AFP, Senin 22 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Zelenskiy menang telak dari Poroshenko dengan meraih 73 persen suara berdasarkan hasil exit poll. Sementara Poroshenko hanya meraup 25,5 persen.
 
Baca juga:Komedian Menang Telak dalam Pilpres Ukraina
 
Ini merupakan hasil luar biasa bagi Zelenskiy yang awalnya terkesan bercanda saat memulai kampanye. Kemenangan ini mengindikasikan rasa frustrasi sebagian warga Ukraina terhadap ketidakadilan sosial, korupsi serta ketegangan dengan Rusia.
 
Zelenskiy akan menjadi presiden untuk 45 juta warga Ukraina, setelah sebelumnya hanya berpura-pura menjadi kepala negara dalam acara televisi bertajuk "Servant of the People."
 
"Saya tidak akan pernah mengecewakan kalian semua," tutur Zelenskiy kepada para pendukungnya di Kiev.
 
Di jalanan Kiev, sejumlah warga Ukraina merayakan kemenangan Zelenskiy. "Ukraina telah berhasil melewati ujian demokrasi," sebut Mykola, seorang pensiunan berusia 66 tahun.
 
"Saya berharap warga biasalah yang akan hidup lebih baik di negara ini, bukan para elite," sambung dia.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif