Terombang-ambing 21 Jam di Laut, Seorang Turis Berhasil Selamat

Arpan Rahman 01 Juli 2018 17:12 WIB
peristiwa unik
Terombang-ambing 21 Jam di Laut, Seorang Turis Berhasil Selamat
Sebuah kapal penjaga pantai hendak menyelamatkan turis yang terombang-ambing selama 12 jam di perairan Yunani. (Foto: Frontex)
Kreta: Seorang turis wanita bertahan hidup setelah terombang-ambing di tengah lama selama 21 jam. Ia bertahan dengan berpegangan pada sebuah kasur karet yang sempat digunakannya untuk berjemur.

Olga Kuldo 'terpanggang' terik sinar matahari setelah kasur karetnya tersapu arus kuat ke tengah laut. Dokter berusia 55 tahun itu ditemukan pesawat patroli perbatasan yang memeriksa lalu lintas imigran gelap, 11 kilometer dari lepas pantai Kreta.

Seperti dikutip Metro.co.uk, Sabtu 30 Juni 2018, Olga membutuhkan perawatan atas paparan matahari dan juga masalah jantung akibat kondisi hipotermia. Wanita asal Zelenograd itu menginap di hotel bersama suaminya Oleg, 59, dan putrinya Yulia, 28, di resor Rethimno di Yunani bagian utara.


Oleg dan Yulia menghubungi regu penyelamat setelah Olga tidak kunjung kembali ke kamar hotelnya setelah berenang di sore hari. Olga baru terdeteksi 21 jam setelah dinyatakan hilang. 

Sebuah kapal penyelamat membawanya kembali ke pantai dan dia dilarikan ke rumah sakit akibat 'masalah jantung' dan 'hipotermia,' setelah sempat terkena terik sinar matahari. Yulia, produser TV, mengunggah berita bahagia itu ke media sosial: 'Keajaiban telah terjadi.'

Dia menyebut bahwa ibunya sudah "terbakar menjadi abu" akibat terkena sinar matahari di siang hari, sebelum pesawat agensi EU Frontex terbang melintas. 

Sebuah laporan lokal di pulau itu mengatakan Olga sedang berjemur di bawah sinar matahari, namun tiba-tiba 'hanyut ke laut terbuka.'

Tidak jelas apakah dia tertidur kala itu, tetapi laporan mengatakan korban terseret 'arus kuat.' 
 
Suhu siang hari di perairan Yunani bisa mencapai 35 derajat Celcius, sementara di malam hari turun ke 18 Celcius. Kerusakan utama pada tubuh korban terjadi akibat berjam-jam berada di air. 

"Suhu tubuhnya mencapai 32 derajat Celcius (normal 37C) sehingga menyebabkan hipotermia," bunyi laporan. Saat ini Olga masih dalam proses pemulihan.




(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360