PM Italia Mundur, Presiden Mattarella Terancam Dipecat
Presiden Italia Sergio Mattarella. (Foto: AFP).
Roma: Presiden Italia Sergio Mattarella terancam dipecat usai Perdana Menteri Giuseppe Conte mundur. Hal ini disebabkan Mattarella menolah calon menteri ekonomi pilihan Conte.

Sebelumnya, Mattarella memberi mandat pada Conte untuk membentuk pemerintahan. Keluarnya Conte dari posisi pemerintah dianggap sebagai krisis konstitusi oleh Partai Liga Utara dan Gerakan Lima Bintang.

Sementara itu, pengunduran Conte dari posisi PM disebabkan Mattarella menolak menteri keuangan yang dipilihnya, Paolo Savona. Laman BBC, Senin 28 Mei 2018 melaporkan Mattarella menganggap Savona berpotensi berbahaya bagi pemerintahan Italia.


"Saya tidak dapat menyetujui seorang menteri keuangan yang mungkin membawa Italia keluar dari Zona Euro," ucap Mattarella dalam pidatonya.

Presiden dapat membentuk pemerintahan sementara untuk menggelar pemilihan lagi. Dia juga belum menyebut nama perdana menteri yang akan menggantikan Conte. Namun, dia berencana bertemu mantan direktur fiskal Dana Moneter Internasional Carlo Cottarelli.

Mattarella juga menyatakan Italia akan menggelar pemilihan umum kembali. "Tidak seorang pun yang boleh menyatakan bahwa saya menghambat perubahan pemerintahan. Saya perlu hati-hati dalam menyelamatkan rakyat Italia," kata Mattarella.

Populis dari Gerakan Lima Bintang Luigi Di Maio memanggil seluruh pendukung partainya untuk mendakwa Mattarella karena telah membuat krisis politik di negara tersebut. Gerakan Lima Bintang berusaha membentuk pemerintahan dengan  Partai Liga Utara yang berideologi ekstrem kanan.

Sejak Maret lalu, Italia berjalan tanpa pemerintah karena tidak ada kelompok politik yang dapat membentuk mayoritas.



(WAH)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id