Presiden Ukraina yang baru, Volodymyr Zelenskiy. (Foto: AFP).
Presiden Ukraina yang baru, Volodymyr Zelenskiy. (Foto: AFP).

Baru Dilantik, Presiden Ukraina Bubarkan Parlemen

Internasional ukraina
Marcheilla Ariesta • 21 Mei 2019 11:35
Kiev: Presiden terpilih Ukraina, Volodymyr Zelenskiy membubarkan parlemen saat baru dilantik. Ini tindakan pertamanya sebagai presiden di salah satu negara Eropa Timur tersebut.
 
Zelenskiy mengatakan dia membubarkan parlemen karena masih didominasi loyalis pendahulunya yang kalah. Dia juga menyerukan untuk melakukan pemilu parlemen dalam dua bulan ke depan.
 
Selama pidato pertamanya sebagai presiden, Zelenskiy berjanji akan bekerja keras untuk membuat warga Ukraina tidak menangis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Masyarakat terkasih, selama hidup saya mencoba melakukan segalanya untuk membuat Ukraina tersenyum," tutur Zelenskiy, dilansir dari laman RTE, Selasa 21 Mei 2019.
 
Baca juga:Presiden Ukraina Tidak Mau Fotonya Dipajang di Parlemen
 
"Dalam lima tahun ke depan, saya akan melakukan segalanya, Ukraina, agar Anda tidak menangis," imbuhnya.
 
Parlemen saat ini masih didominasi pendukung pendahulu Zelenskiy, Petro Poroshenko. Dan keputusan untuk membubarkan parlemen mendorong pengunduran diri Perdana Menteri Volodymyr Groysman yang berkuasa pada 2016.
 
Groysman merupakan bagian koalisi Poroshenko. Dia mengatakan mundur untuk melawan pemilihan parlemen mendatang.
 
Zelenskiy pernah menjadi presiden sebelumnya, namun hanya dalam acara program televisi. Dalam acara bertajuk "Pelayan Rakyat," dia berperan sebagai guru sejarah yang secara mengejutkan terpilih menjadi Presiden Ukraina.
 
Beberapa bulan lalu, wacana bahwa Zelenskiy dapat menjadi presiden sungguhan dianggap sejumlah orang hanya sebuah lelucon.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif