Empat menteri luar negeri negara Eropa mendiskusikan krisis Ukraina di Berlin, Jerman, Sabtu (12/9/2015). (Foto: AFP / TOBIAS SCHWARZ / POOL)
Empat menteri luar negeri negara Eropa mendiskusikan krisis Ukraina di Berlin, Jerman, Sabtu (12/9/2015). (Foto: AFP / TOBIAS SCHWARZ / POOL)

Menlu Jerman: Dialog Damai di Ukraina Berlangsung Positif

Internasional krisis ukraina
Willy Haryono • 13 September 2015 13:40
medcom.id, Berlin: Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier mengatakan kemajuan berarti terjadi dalam perundingan damai konflik bersenjata di wilayah timur Ukraina.
 
Seperti dikutip BBC, Sabtu (12/9/2015), Steinmeier melontarkan komentar tersebut setelah bertemu Menlu Rusia, Ukraina dan Prancis di Berlin.
 
Sebelumnya, Grup pengawas OSCE mengatakan dialog gencatan senjata terbaru ini membuka jendela baru bagi kemajuan politik di timur Ukraina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Steimeier mengaku senang karena semua kubu sepakat gencatan senjata yang sudah berlangsung selama dua pekan ini perlu dikonsolidasi.
 
"Kedua kubu sekarang sangat dekat dengan sebuah perjanjian yang akan berujung pada penarikan semua alat berat dari medan perang," sambung Steinmeier.
 
Dialog juga membuahkan harapan atas adanya kerangka legal menjelang pemilihan umum lokal di timur Ukraina pada Oktober.
 
Konflik bersenjata di timur Ukraina telah menewaskan hampir 8000 orang sejak April 2014.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif