Seorang aktivis lingkungan ditangkap di Waterloo Bridge, London, Inggris, 16 April 2019. (Foto: AFP/Getty/DANIEL LEAL-OLIVAS)
Seorang aktivis lingkungan ditangkap di Waterloo Bridge, London, Inggris, 16 April 2019. (Foto: AFP/Getty/DANIEL LEAL-OLIVAS)

Protes Iklim di London Berlanjut, Ratusan Aktivis Ditangkap

Internasional inggris perubahan iklim
Willy Haryono • 17 April 2019 10:22
London: Sekitar 300 aktivis lingkungan hidup ditangkap di London, Inggris, Selasa 16 April, setelah mereka mencoba memblokade sejumlah ruas jalan dan melumpuhkan wilayah ibu kota.
 
Penangkapan dilakukan setelah para aktivis dari gerakan Extinction Rebellion ini menginap di area Waterloo Bridge, Parliament Square dan Oxford Circus. Polisi terpaksa merekayasa lalu lintas akibat gerakan ini.
 
Kepolisian Metropolitan London atau Met mengaku telah menangkap 290 orang. Dalam aksi serupa di Edinburgh, 29 orang telah ditangkap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihak penyelenggara gerakan protes mengklaim aksi menyuarakan bahaya perubahan iklim ini digelar di lebih dari 80 kota di 33 negara.
 
Pengalihan lalu lintas di beberapa area di Inggris, termasuk London, berimbas pada sekitar 500 ribu orang. Di London, para pengguna jalan terjebak kemacetan parah meski sudah mengambil sejumlah rute alternatif, seperti via Jembatan Westminster atau Blackfriars Bridge.
 
Wali Kota London Sadiq Khan mengaku "memiliki hasrat serupa" dengan para aktivis lingkungan hidup. Namun ia juga "sangat khawatir" mengenai gerakan protes tersebut yang dapat mengganggu moda transportasi umum.
 
"Demonstrasi ini menimbulkan gangguan serius terhadap transportasi publik, pertokoan dan juga warga London yang melakukan aktivitas mereka sehari-hari," ujar Colin Wingrove dari Met, dikutip dari laman BBC, Rabu 17 April 2019.
 
Para demonstran diminta hanya berunjuk rasa di Marble Arch setelah sempat memicu gangguan terhadap publik pada Senin kemarin. Perintah tersebut akan diberlakukan hingga Jumat mendatang.
 
Sebagian besar dari mereka yang ditangkap diduga hendak atau telah mengganggu ketertiban umum.
 
Tuntutan utama dari gerakan Extinction Rebellion ini adalah meminta pemerintah untuk "menyuarakan kebenaran mengenai perubahan iklim, mengurangi emisi karbon hingga angka nol pada 2025 dan juga menciptakan majelis rakyat untuk memantau perkembangannya."
 
Baca:Protes Soal Iklim, 113 Warga Inggris Ditahan Polisi
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif