Kapal terbakar terlihat di kejauhan di Selat Kirch, Laut Hitam, dekat Krimea, 21 Januari 2019. (Foto: AFP/AFPTV)
Kapal terbakar terlihat di kejauhan di Selat Kirch, Laut Hitam, dekat Krimea, 21 Januari 2019. (Foto: AFP/AFPTV)

Dua Kapal Terbakar Dekat Krimea, 10 Kru Tewas

Internasional ukraina rusia
Arpan Rahman • 22 Januari 2019 11:10
Krimea: Sepuluh kru tewas dan 14 lainnya berhasil diselamatkan dari dua kapal yang terbakar di Selat Kirch dekat Krimea. Tujuh kru dari dua kapal tersebut masih dinyatakan hilang.
 
Belasan korban selamat adalah para kru yang melompat ke laut untuk melarikan diri dari kobaran api. Kedua kapal yang terbakar -- Candy (Venice) dan Maestro -- berbendera Tanzania.
 
Total kru gabungan dua kapal berjumlah 31, dengan 16 asal Turki dan 15 India. Kementerian Transportasi Rusia mengaku masih mencari sisa kru lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seperti dilansir dari laman Guardian, Selasa 22 Januari 2019, Agensi Federal untuk Transportasi Laut dan Sungai mengatakan bahwa kebakaran terjadi saat bahan bakar dipompa dari satu kapal ke kapal lainnya.
 
Selat Kerch terletak antara Krimea yang dianeksasi Moskow pada 2014 dengan Rusia selatan. Area ini adalah akses perairan dari Laut Hitam menuju Laut Azov.
 
November tahun lalu, Rusia menahan tiga kapal angkatan laut Ukraina dan seluruh krunya di dekat Selat Kirch. Penahanan yang diawali penembakan itu meningkatkan ketegangan dua negara.
 
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menegaskan Ukraina telah melanggar norma internasional dengan melakukan "metode berbahaya yang memicu ancaman serta risiko bagi pergerakan normal kapal-kapal di kawasan (Selat Kirch)."
 
Ukraina merespons sikap Rusia dan mendesak agar ketiga kapal beserta semua kru dikembalikan ke Kiev. Ukraina juga meminta semua negara mitra untuk merespons Rusia, salah satunya dengan cara menjatuhkan atau meningkatkan sanksi.
 
Baca:Rusia Tuduh Ukraina Lakukan Manuver Berbahaya di Krimea
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi