Puluhan anggota serikat pekerja keamanan Verdi berunjuk rasa di bandara Cologne, Jerman, 10 Januari 2019. (Foto: AFP/dpa/FEDERICO GAMBARINI)
Puluhan anggota serikat pekerja keamanan Verdi berunjuk rasa di bandara Cologne, Jerman, 10 Januari 2019. (Foto: AFP/dpa/FEDERICO GAMBARINI)

Staf Keamanan Delapan Bandara Jerman Mogok Kerja

Internasional penerbangan dunia jerman
Willy Haryono • 15 Januari 2019 11:05
Berlin: Ratusan penerbangan dari dan menuju Jerman hampir dipastikan ditunda atau dibatalkan pada Selasa 15 Januari 2019, karena staf keamanan dari delapan bandara besar, termasuk di Frankfurt, menyatakan mogok.
 
Serikat pekerja keamanan Verdi menyebut aksi mogok akan berlangsung dari pukul 02.00 dini hari hingga 20.00 malam waktu setempat. Aksi berlangsung di bandara Frankfurt, Munich, Hanover, Bremen, Hamburg, Leipzig, Dresden dan Erfurt.
 
Asosiasi bandara ADV mengatakan sedikitnya 220 ribu calon penumpang akan terkena penundaan atau pembatalan penerbangan. Jumlah ini merupakan kalkulasi dari efek mogok yang mungkin juga berimbas pada bandara lain di luar yang sebelumnya disebutkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fraport, operator bandara Frankfurt, telah membatalkan 570 dari 1.200 jadwal penerbangan. Fraport menyarankan kepada para calon penumpang untuk tidak datang ke bandara Frankfurt, terbesar keempat di Eropa, saat aksi mogok masih berlangsung.
 
Aksi mogok ini merupakan kelanjutan dari perselisihan antara Verdi dengan pihak perusahaan masing-masing pekerja. Pekan kemarin, aksi serupa terjadi di beberapa bandara Berlin dan Stuttgart, Colongne/Bonn serta Duesseldorf.
 
Baca:Staf Keamanan Mogok, 640 Penerbangan Jerman Dibatalkan
 
Maskapai Lufthansa menuduh Verdi sengaja meningkatkan perseteruan ini ke "level yang tidak dapat diterima lagi." Sementara ADV menilai mogok kerja ini sebagai aksi yang "tidak bertanggung jawab."
 
"Verdi melakukan aksi protes ini dengan mengorbankan calon penumpang, maskapai dan bandara," tutur kepala ADV Ralph Beisel.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif