Kapal Tenggelam di Perairan Yunani, 16 Imigran Tewas
Ilustrasi tenggelam. (Foto: Medcom.id)
Athena: Sedikitnya 16 imigran, termasuk lima anak-anak, meninggal dunia saat kapal mereka tenggelam di lepas pantai Yunani, Sabtu 17 Maret 2018. Mereka semua berangkat dari Turki untuk menuju Yunani. 

Seperti dilansir BBC, Penjaga Pantai Yunani menduga ada sekitar 20 orang di kapal tersebut. 

Saat ini kapal penjaga pantai dan helikopter sedang mencari sisa korban di lepas pantai pulau Agathonisi, yang berbatasan dengan pesisir Turki. 


Insiden terbaru ini diyakini sebagai yang terburuk dalam kasus imigran dari Turki menuju Yunani sejak beberapa bukan terakhir.

Tahun lalu, Uni Eropa mencatat angka terendah dari percobaan menyeberang secara ilegal sejak krisis keimigrasian dimulai empat tahun silam. Angka didapat dari agensi Frontex kepada AFP

Uni Eropa mencapai kesepakatan dengan Turki pada 2016, yang berimbas pada berkurangnya jumlah imigran yang mencoba menyeberangi lautan menuju Yunani. 

Di bawah perjanjian, siapapun yang tiba di Yunani harus dikembalikan ke Turki, kecuali jika mereka masuk dalam kualifikasi pencari suaka. 

Sejauh ini di tahun 2018, menurut data UNHCR, terdapat sekitar 4.000 imigran yang menyeberangi lautan dan tiba di Yunani.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360