Pesawat Pribadi Kim Jong-un Dikabarkan ke Rusia
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un (kanan) dan istrinya Ri Sol-ju (kiri). (Foto: KCNA).
Moskow: Pesawat pribadi milik pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, dikabarkan terbang ke Vladivostok, Rusia. Kabar ini disampaikan Flight Radar 24.

Pesawat Chammae-1 merupakan pesawat jet Soviet Ilyushin II-62M yang dimodifikasi. Pesawat tersebut ditangkap radar pada Senin 9 Juli 2018 melakukan perjalanan ke Rusia Timur.

Hanya selama tiga jam di Rusia, pesawat itu dilaporkan kembali ke Pyongyang pada hari yang sama.


Dilansir dari laman UPI, Selasa 10 Juli 2018, ada spekulasi kalau pesawat tersebut membawa kelompok kerja Korut ke Vladivostok jelang Forum Ekonomi Timur yang diselenggarakan September mendatang.

Rusia memang mengundang pemimpin Korut tersebut dalam forum itu. Dia juga mengundang Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Sejauh ini, pemimpin Korea Utara itu masih belum memberi jawaban. Namun, bulan lalu Kim mengirim delegasi Partai Buruh Korea ke sebelah timur Rusia.

Sebuah laporan mengatakan kedatangan para delegasi untuk mengantisipasi hubungan lebih dekat antara kedua negara.

Maskapai nasional Korea Utara Air Kroyo memang mengoperasikan penerbangan reguler dengan rute Pyongyang-Vladivostok. Namun, 'penerbangan khusus' tersebut menarik perhatian para pengawas lalu lintas udara.

Sayangnya, tidak ada penjelasan resmi dari kedua negara mengenai kebenaran kabar tersebut.

Korut memang diketahui bersekutu dengan Tiongkok dan Rusia. Kedua negara itu juga menjadi mitra dagang terbesar Pyongyang.



(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id