Kebakaran hutan adalah hal yang biasa terjadi di Portugal. (Foto: AFP/De Melo Moreira)
Kebakaran hutan adalah hal yang biasa terjadi di Portugal. (Foto: AFP/De Melo Moreira)

Ratusan Petugas Pemadam Hadapi Kebakaran Hutan Portugal

Internasional kebakaran hutan
Arpan Rahman • 21 Juli 2019 16:17
Lisbon: Pemerintah Portugal mengirim sejumlah helikopter dan pesawat untuk menghadapi tiga kebakaran hutan yang melanda wilayah pusat negara tersebut, Sabtu 20 Juli. Lebih dari 700 petugas pemadam dikerahkan ke tiga lokasi kebakaran.
 
Beberapa dari petugas pemadam dilaporkan terluka, satu dari mereka menderita cedera yang cukup serius.
 
Tiupan angin kencang mempercepat penyebaran api dari distrik Castelo Branco, yang berjarak sekitar 225 kilometer dari Lisbon. Satu dari tiga kebakaran hutan dilaporkan telah mencapai Macao, yang berjarak sekitar 80 km dari wilayah ibu kota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berbicara dengan saluran televisi SIC, seorang warga Macao mengeluhkan kurangnya petugas pemadam kebakaran di wilayahnya.
 
"Kebakaran hutan ini berkobar begitu dahsyat," ujar dia, disitir dari Deutsche Welle, Minggu 21 Juli 2019. "Kami (warga setempat) harus ikut berjuang memadamkan api," lanjutnya.
 
Militer Portugal mengerahkan 20 prajurit dan juga empat buldozer ke Macao untuk membantu operasi pemadaman. Otoritas Portugal telah mendeklarasikan peringatan waspada level tertinggi di tujuh wilayah terkait kebakaran hutan. Hingga saat ini otoritas Portugal belum mengumumkan penyebab terjadinya kebakaran.
 
Kebakaran hutan adalah hal yang sering terjadi di Portugal. Pada 2017, kebakaran di kota Pedrogao Grande menewaskan sedikitnya 64 orang dan melukai 204 lainnya.
 
Lebih dari 1.700 petugas pemadam dikerahkan ke Pedrogao Grande. Uni Eropa turut mengkoordinasikan penyaluran bantuan darurat.
 
Laporan awal menyebutkan kebakaran di Pedrogao Grande diakibatkan badai petir yang terjadi di tengah musim panas. Namun Presiden Liga Pemadam Kebakaran Portugal meyakini kebakaran itu dipicu perbuatan seseorang.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif