Sanksi baru Amerika Serikat (AS) terhadap Iran, menyasar kepada Ayatullah Ali Khamenei. (Foto: AFP).
Sanksi baru Amerika Serikat (AS) terhadap Iran, menyasar kepada Ayatullah Ali Khamenei. (Foto: AFP).

Rusia Tidak Akan Biarkan Iran Diserang

Internasional iran
Fajar Nugraha • 27 Juni 2019 15:55
Teheran: Iran tidak akan sendirian jika Amerika Serikat memutuskan untuk melancarkan serangan militer. Pihak Rusia menegaskan akan membela Iran.
 
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menargetkan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dan pejabat tinggi Iran lainnya dengan sanksi baru yang dikeluarkan pada Senin. Langkah dramatis untuk meningkatkan tekanan terhadap Iran setelah Teheran menjatuhkan drone Amerika tak berawak pekan lalu, yang Rusia katakan telah melanggar wilayah udara Iran.
 
Pada Selasa, Trump mengancam akan melenyapkan bagian-bagian Iran jika menyerang ‘apa pun yang berbau Amerika’. Tetapi AS kemudian membuka peluang pintu untuk pembicaraan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Iran akan tahan terhadap jenis perang ini dan Iran tidak sendirian," Zamir Kabulov, utusan khusus Kementerian Luar Negeri untuk negara-negara Asia termasuk Iran, mengatakan pada forum kebijakan Rusia-Iran di Moskow, kepada Kommersant, yang dikutip Moscow Times, Kamis, 27 Juni 2019.
 
Ketika ditanya apakah Rusia siap untuk memberikan dukungan material kepada Iran jika AS menyerang, Kabulov mengatakan bahwa "tindakan spesifik adalah pertanyaan bagi Presiden Rusia."
 
"Tapi itu bukan hanya Rusia, banyak negara lain bersimpati dan berempati dengan Iran. Teheran tidak akan sendirian jika AS, mengambil tindakan liar dan tidak bertanggung jawab terhadapnya,” imbuhnya.
 
Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov mengatakan secara terpisah bahwa Moskow akan mencoba membujuk AS dan Iran untuk memulai dialog beradab.
 
"Ini, tentu saja, mengasumsikan berakhirnya kebijakan ultimatum, sanksi, dan pemerasan (Amerika)," kata Lavrov pada Rabu.
 
Awal pekan ini, Wakil Menteri Luar Negeri Sergei Ryabkov mengatakan bahwa Rusia dan mitranya akan mengambil langkah-langkah untuk melawan sanksi baru yang diberlakukan Washington terhadap Iran. Tetapi mereka tidak merinci langkah-langkah apa yang akan dilakukan.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif