Paus Fransiskus Minta Mafia Italia Berhenti Beroperasi

Willy Haryono 16 September 2018 12:02 WIB
paus fransiskus
Paus Fransiskus Minta Mafia Italia Berhenti Beroperasi
Paus Fransiskus. (Foto: AFP)
Palermo: Paus Fransiskus meminta semua kelompok mafia di Italia untuk menghentikan ambisi meraih kekuasaan dan uang. 

Pernyataan disampaikan Fransiskus saat dirinya mengunjungi Sicilia, Sabtu 15 September 2018, untuk mengenang seorang pastor yang tewas dibunuh. 

Pastor itu dibunuh saat berusaha melindungi anak-anak muda untuk tidak bergabung ke salah satu grup mafia.


"Oleh karenanya saya menyerukan kepada semua Mafiosi: berubahlah, wahai saudara-saudaraku semua. Berhenti memikirkan uang dan diri sendiri," ucap Fransiskus, seperti dilansir dari kantor berita CBS News.

Perjalanan Fransiskus ke Sicilia menandai peringatan 25 tahun pembunuhan Giuseppe "Pino" Puglisi. Puglisi dinyatakan sebagai seorang martir oleh Vatikan pada 2013.

Fransiskus memberikan penghormatan kepada Puglisi, yang selama hidupnya berusaha menjauhkan anak-anak muda di lingkungan Palermo dari jeratan mafia.

Puluhan ribu orang menyambut kedatangan Fransiskus di sebuah misi terbuka di sepanjang pelabuhan di Sicilia. "Mari Perbarui Gereja," tulis spanduk besar yang dibawa sekelompok anak muda.

Hampir semua toko di Sicilia harus membayar "uang keamanan" agar dapat tetap beroperasi. Fransiskus sangat menyayangkan hal tersebut.

"Jika slogan dari Mafiosi adalah, 'kalian tidak tahu siapa saya?', maka dalam agama Kristen adalah, 'saya butuh Anda. Jika Mafia mengancam, 'Anda harus membayar saya,' maka dalam Kristen adalah, 'Tuhan, bantu saya untuk mencintai,'" tutur Fransiskus.

Saat berulang tahun ke-56, Puglisi tewas ditembak di bagian leher oleh pria tak dikenal di depan rumahnya. Pengadilan Italia kemudian menyatakan bahwa pembunuhan itu merupakan instruksi dari beberapa bos mafia, yang kesal karena Puglisi berusaha menjauhkan anak-anak muda dari aktivitas kriminal.

Puglisi ditembak hanya beberapa bulan usai Paus John Paul II meminta para mafia mengubah hati mereka atau bersiap menghadapi murka Tuhan.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id