Para calon penumpang yang terkena imbas penutupan Bandara Gatwick di Inggris. (Foto: AFP).
Para calon penumpang yang terkena imbas penutupan Bandara Gatwick di Inggris. (Foto: AFP).

Bandara Ditutup, Polisi Inggris Pertimbangkan Tembak Drone

Internasional bandara inggris
Fajar Nugraha • 21 Desember 2018 14:23
London: Polisi Inggris mempertimbangkan untuk menembaki pesawat tak berawak atau drone yang telah melumpuhkan penerbangan dan menyebabkan kekacauan di Bandara Gatwick, London. Hingga hari ketiga Penumpang masih terkena imbas gangguan.

Polisi mengatakan itu adalah 'opsi taktis' setelah lebih dari 50 penampakan perangkat drone di dekat lapangan udara sejak Rabu 19 Desember malam ketika landasan pacu pertama kali ditutup.

Pihak kepolisian dan pihak berwenang bandara yakin pesawat tak berawak itu sedang diterbangkan dengan sengaja untuk mengganggu bandara pada salah satu waktu tersibuk dalam setahun. Akhirnya puluhan ribu penumpang terdampar hanya beberapa hari sebelum Natal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Pada Kamis, Inggris memanggil tentara untuk menawarkan dukungan tambahan kepada polisi ketika mereka memburu mereka yang bertanggung jawab. "Kami akan melakukan apa yang bisa kami lakukan untuk mengeluarkan drone itu dari langit dan menghapus gangguan itu sehingga kami bisa membuat Gatwick kembali normal," kata Kepala Inspektur Detektif Jason Tingley, seperti dikutip AFP, Jumat, 21 Desember 2018.

Meskipun kekhawatiran sebelumnya bahwa menembaki pesawat tak berawak akan berbahaya karena bahaya peluru nyasar.

"Salah satu pilihan adalah menggunakan petugas senjata api jika itu muncul - mereka telah keluar di lapangan hari ini dan itu adalah pertimbangan dan opsi taktis yang terbuka untuk kita,” jelasnya.

Tingley mengatakan dia yakin drone itu telah dimodifikasi dengan maksud menyebabkan gangguan dan mencari melalui CCTV untuk mengidentifikasi merek dan model. Pihak Gatwick mengatakan pada bahwa satu-satunya landasan pacu tidak dapat dibuka kembali setelah munculnya drone.


(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi