Ilustrasi virus korona covid-19. (Foto: AFP)
Ilustrasi virus korona covid-19. (Foto: AFP)

Angka Kematian Global Covid-19 Lampaui Satu Juta

Internasional Virus Korona vaksin covid-19
Willy Haryono • 28 September 2020 09:47
Washington: Angka kematian akibat virus korona (covid-19) di kancah global telah melampaui satu juta per hari ini, Senin 28 Septemner 2020. Data terbaru berasal dari penghitungan kantor berita AFP dan juga situs pemantau Worldometers.
 
Berdasarkan data terbaru Worldometers pada Senin pagi, total kasus covid-19 di dunia telah melampaui 33 juta. Sementara jumlah pasien sembuh yang dinyatakan sembuh telah mencapai lebih dari 22 juta.
 
Terlewatinya angka satu juta terjadi sekitar sembilan bulan usai covid-19 pertama kali terdeteksi di Wuhan, Tiongkok, pada Desember 2019. Angka satu juta tercapai sekitar enam bulan usai Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan covid-19 sebagai pandemi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini Amerika Serikat masih menjadi negara dengan jumlah kasus covid-19 tertinggi di dunia. Menurut Johns Hopkins University (JHU) yang berbasis di Maryland, total kasus covid-19 di AS telah melewati angka 7,1 juta dengan 204 ribu lebih kematian dan 2.766.280 pasien sembuh.
 
Sementara negara-negara di bawah AS yang angka kasusnya berada di kisaran jutaan adalah Brasil, India, dan Rusia.
 
Sebelumnya, WHO memprediksi angka kematian akibat covid-19 di kancah global dapat mencapai dua juta walau vaksin efektif ditemukan. WHO khawatir vaksin covid-19 belum dapat didistribusikan secara merata ke semua negara di dunia.
 
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mendorong negara-negara dunia untuk saling berbagi vaksin covid-19 demi mengakhiri pandemi.
 
Sementara Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres mengkritik sejumlah negara yang menerapkan "vaksionalisme" -- kebijakan menghadirkan vaksin secara eksklusif untuk warga negara sendiri.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif