Kebakaran hutan melanda wilayah Fairfield di California, AS. (AFP)
Kebakaran hutan melanda wilayah Fairfield di California, AS. (AFP)

Kebakaran Hutan California Hanguskan 1,6 Juta Hektare Lahan

Internasional amerika serikat kebakaran hutan kebakaran
Willy Haryono • 05 Oktober 2020 09:58
California: Kebakaran hutan di California telah menghanguskan lebih dari empat juta aker atau setara 1,6 juta hektare lahan sepanjang 2020. Angka ini dua kali lipat lebih tinggi dari catatan sebelumnya.
 
Luas lahan yang terbakar dalam kebakaran hutan California sudah lebih besar dari negara bagian Connecticut.
 
California, negara bagian terpadat di AS, telah dilanda lima dari enam kebakaran hutan terbesar sepanjang sejarah di AS. Gelombang panas dan sambaran petir kering semakin memperparah kebakaran hutan di California.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedikitnya 31 orang tewas dalam kebakaran hutan California tahun ini. Kebakaran juga telah menghancurkan 8.454 rumah serta bangunan lainnya.
 
"Tidak ada kata-kata yang dapat mendeskripsikan apa yang sedang dan akan terus terjadi ke depan," kata juru bicara Dinas Pemadam Kebakaran California atau Cal Fire, Scott McLean.
 
"Situasi saat ini memperlihatkan betapa keringnya (California), dan betapa rentannya vegetasi di sini," sambung dia, dikutip dari laman TRT World pada Senin, 5 Oktober 2020.
 
Negara bagian California pernah dilanda musim kering berkepanjangan antara 2010 dan 2017. Kekeringan ini memicu munculnya penyakit dan infestasi serangga yang membunuh jutaan pohon.
 
Di Napa County, kebakaran bernama Glass Fire telah merusak puluhan perkebunan anggur. Para pekerja berusaha sepanjang malam pada Sabtu kemarin dalam menyelamatkan sejumlah pohon anggur yang masih bisa dipakai untuk membuat minuman.
 
Cal Fire mengatakan, temperatur udara di California Utara mungkin akan lebih dingin pekan ini dengan peluang terjadinya hujan.
 
Baca:  Trump Salahkan 'Pohon Meledak' dalam Kebakaran California
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif