Tokoh oposisi Rusia Alexei Navalny. (AFP)
Tokoh oposisi Rusia Alexei Navalny. (AFP)

Navalny Minta Rusia Kembalikan Bajunya yang Berlumur Racun

Internasional rusia
Willy Haryono • 22 September 2020 09:18
Berlin: Tokoh oposisi Rusia Alexei Navalny meminta Moskow mengembalikan baju yang dipakainya saat ia jatuh koma bulan lalu. Menurut Navalny, baju itu dapat dijadikan barang bukti terjadinya serangan Novichok, racun syaraf era Uni Soviet.
 
Navalny mengatakan, pakaiannya diambil otoritas Rusia sebelum ia diterbangkan ke Jerman untuk menjalani perawatan lanjutan.
 
Tim dokter Jerman mengatakan, hasil tes dari tiga negara menyatakan Navalny telah terkena serangan racun Novichok. Jerman dan beberapa negara lain pun meminta penjelasan langsung dari Rusia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejauh ini Rusia mengaku belum melihat satu pun barang bukti untuk membuktikan adanya kejahatan terhadap Navalny. Kremlin juga membantah segala bentuk keterlibatan atas peristiwa yang menimpa Navalny.
 
"Sebelum mereka mengizinkan saya dibawa ke Jerman, mereka mengambil seluruh pakaian saya. Kala itu saya benar-benar telanjang," tulis Navalny di situs miliknya, dikutip dari laman Independent, Selasa 22 September 2020.
 
"Karena Novichok ditemukan di badan saya, semua pakaian saya adalah barang bukti yang sangat penting. Saya meminta agar pakaian saya dikemas dengan baik dalam kantung plastik dan dikirim ke sini," sambungnya. Navalny adalah kritikus keras Presiden Rusia Vladimir Putin.
 
Sejak keluar dari kondisi koma, Navalny mengkritik Pemerintah Rusia yang dinilai menolak menginvestigasi serangan racun Novichok.
 
Otoritas Rusia menegaskan, investigasi kasus Navalny baru dapat dilakukan jika kumpulan barang buktinya sudah memadai.
 
Rusia menyebut salah satu elemen lain yang diperlukan untuk memulai investigasi adalah data medis Navalny dari rumah sakit Jerman.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif