Petugas pemadam berusaha memadamkan kebakaran hutan di Mill City, Oregon, AS, Kamis 10 September 2020. (Foto: Kathryn Elsesser/AFP/Getty)
Petugas pemadam berusaha memadamkan kebakaran hutan di Mill City, Oregon, AS, Kamis 10 September 2020. (Foto: Kathryn Elsesser/AFP/Getty)

Puluhan Orang Hilang dalam Kebakaran Hutan Oregon

Internasional amerika serikat kebakaran hutan
Willy Haryono • 12 September 2020 08:44
Oregon: Puluhan orang dinyatakan hilang dalam kebakaran hutan yang melanda seantero negara bagian Oregon, Amerika Serikat. Sementara puluhan ribu warga lainnya telah dievakuasi dari sejumlah wilayah terdampak kebakaran hutan di Oregon.
 
Kebakaran hutan di Oregon telah menewaskan sedikitnya empat orang. Sebelas orang juga dilaporkan meninggal akibat kebakaran hutan di negara bagian lain.
 
Sejauh ini, terdapat sekitar 100 titik api dalam kebakaran hutan yang melanda 12 negara bagian AS. Pemerintah pusat telah menyetujui pencarian dana federal untuk membantu Oregon menangani kebakaran hutan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Banyak warga Oregon yang menderita saat ini," kata Gubernur Oregon Kate Brown, dikutip dari laman BBC, Sabtu 12 September 2020.
 
"Laporan awal dari kepolisian kami menyebutkan adanya puluhan orang hilang terkait kebakaran hutan, terutama di wilayah Jackson, Lane, dan Marion," sambungnya. Brown tidak menyebutkan detail lainnya seputar orang hilang.
 
Ia menambahkan, sekitar 100 ribu warga Oregon telah diminta untuk mengungsi dari rumah mereka masing-masing. Kamis lalu, otoritas Oregon telah meminta setengah juta warga untuk mengungsi ke tempat yang jauh dari titik api.
 
Brown meminta warga Oregon untuk meninggalkan rumah dan menjauhi titik api, terlepas dari adanya rumor maraknya pencurian di tengah kebakaran hutan.
 
"Saya menyadari rumor mengenai pencurian dan penjarahan ini sangat mengkhawatirkan. Saya juga sadar warga mungkin khawatir dan ingin tahu apakah rumah mereka masih tetap utuh," sebut Brown.
 
"Tapi saya tekakan lagi, kita memiliki Garda Nasional Oregon dan Kepolisian Oregon yang memonitor situasi dan mencegah pencurian," lanjutnya.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif