Presiden AS Donald Trump sebut korban meninggal akibat korona bisa capai 100.000 jiwa. Foto: AFP
Presiden AS Donald Trump sebut korban meninggal akibat korona bisa capai 100.000 jiwa. Foto: AFP

Trump Sebut Korban Meninggal Covid-19 di AS Bisa Capai 100 Ribu

Internasional amerika serikat Virus Korona donald trump Coronavirus virus corona
Fajar Nugraha • 30 Maret 2020 14:01
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk pertama kalinya mengakui bahwa kematian di negaranya akibat virus korona covid-19 dapat mencapai 100.000 atau lebih. AS saat ini tertinggi dalam kasus infeksi covid-19 di dunia.
 
Baca: Trump Perpanjang AturanSocial DistancingHingga Akhir April.
 
“Jika angka kematian tetap pada atau di bawah 100.000, kita semua bersama-sama telah melakukan pekerjaan yang sangat baik,” ujar Trump pada Minggu malam waktu setempat, seperti dikutip CNN, Senin, 30 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penegasan Trump muncul setelah dia ditanya tentang komentar pakar penyakit menular Dr. Anthony Fauci, yang berdasarkan model, 100.000 orang Amerika atau lebih dapat meninggal karena virus.
 
Pada Minggu malam, Trump mengatakan selama konferensi pers di Gedung Putih bahwa ia telah memutuskan untuk memperpanjang pedoman nasionak jaga jarak sosial hingga 30 April. Pedoman ini mencakup batas yang disarankan pada pertemuan besar.
 
Selama konferensi persnya, Trump mengatakan dia menerima apa yang disebutnya studi ‘paling akurat’ atau ‘paling komprehensif’ hari ini tentang potensi korban jiwa dari covid-19.
 
Dia mengatakan mungkin ada lebih dari dua juta kasus jika ‘kami tidak melakukan apa-apa’ tetapi dia tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang jumlah pastinya. Fauci mengatakan kepada CNN pada Minggu sebelumnya bahwa jumlah kasus virus korona di AS AS dapat menyentuh jutaan.
 
"Ketika saya mendengar nomornya hari ini. Pertama kali saya mendengar angka itu, karena saya telah menanyakan pertanyaan yang sama kepada beberapa orang. Saya merasa lebih baik tentang apa yang kami lakukan minggu lalu dengan (stimulus) USD2,2 triliun dolar," kata Trump mengacu pada paket stimulus bersejarah disahkan oleh Kongres pekan lalu.
 
"Karena Anda berbicara tentang potensi hingga 2,2 juta (warga) dan beberapa orang mengatakan bahkan bisa lebih tinggi dari itu. Anda berbicara tentang 2,2 juta kematian,” sebut Trump.
 
Jumlah korban terinfeksi virus korona di dunia mencapai 724.738. Korban meninggal saat ini menyentuh angka 34.101 dan pasien yang berhasil sembuh mencapai 152.177 orang.
 
Amerika Serikat jumlah korban positif virus korona mencapai 14.842 orang dengan kematian tercatat di angka 2.509. Adapun pasien sehat mencapai 4.856 orang.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif