Presiden AS Donald Trump (kiri) dan kandidat capres dari Partai Demokrat Joe Biden. (Foto: AFP)
Presiden AS Donald Trump (kiri) dan kandidat capres dari Partai Demokrat Joe Biden. (Foto: AFP)

Trump Desak Biden Minta Maaf atas Isu Vaksin Covid-19

Internasional Virus Korona vaksin covid-19
Willy Haryono • 08 September 2020 07:21
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump meminta menyebut calon presiden Joe Biden sebagai orang "bodoh" dan mendorongnya untuk meminta maaf terkait isu vaksin virus korona (covid-19). Trump kesal karena Biden menuduhnya membahayakan keselamatan masyarakat AS di tengah pandemi covid-19 saat ini.
 
Trump balik menyerang Biden, dan menyebut Partai Demokrat sebagai pihak yang telah melontarkan retorika anti-vaksin.
 
Sebelumnya, Trump berulang kali menegaskan vaksin covid-19 akan disiapkan secepat mungkin, bahkan mungkin sebelum pemilihan umum pada November mendatang. Hal ini menimbulkan kekhawatiran apakah tekanan politik akan membuat Trump merilis sebuah vaksin walau belum teruji aman untuk digunakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Calon wakil presiden AS dari Demokrat, Kamala Harris, mengaku tidak akan memercayai vaksin yang dikeluarkan Trump menjelang pilpres. Sementara Biden meminta warga AS untuk tetap memercayai kata-kata para ilmuwan terkait vaksin covid-19.
 
"Biden dan wakilnya harus segera meminta maaf atas retorika anti-vaksin yang mereka ucapkan saat ini," ujar Trump, dilansir dari laman Metro.us, Senin 7 September 2020.
 
"Pernyataan mereka merusak dan meremehkan sains," sambungnya.
 
Spekulasi mengenai vaksin covid-19 menguat pekan kemarin, usai Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mendorong negara-negara bagian untuk mempercepat pengeluaran izin distribusi vaksin pada 1 November, dua hari menjelang pilpres.
 
"Tebakan saya adalah, dia (Trump) akan mengumumkan sebuah vaksin. Dia akan mengatakan bahwa vaksin ini tersedia di sekitar hari pemungutan suara. Dia akan menggembor-gemborkan hal tersebut," kata Biden dalam sebuah penampilan publik.
 
Saat ditanya mengenai hal tersebut, juru bicara tim kampanye Biden, Symone Sanders, tidak menepis kemungkinan akan adanya vaksin covid-19 dalam waktu dekat. Jika vaksin covid-19 memang tersedia di bulan Oktober, ia mendorong agar semua warga AS bisa mendapatkannya.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif