Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss. (Ben STANSALL / POOL / AFP)
Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss. (Ben STANSALL / POOL / AFP)

Populer Internasional: Inggris Tuduh Rusia Berusaha Ganti Pemimpin Ukraina

Internasional ukraina afghanistan Inggris rusia Rusia-Ukraina peru Tumpahan Minyak Berita Terpopuler Hari Ini Berita Terpopuler Internasional
Willy Haryono • 23 Januari 2022 10:39
London: Kementerian Luar Negeri Inggris menuduh Rusia tengah berusaha menempatkan pemimpin pro-Rusia di Ukraina. Tuduhan ini menjadi salah satu berita terpopuler di kanal internasional Medcom.id pada Minggu, 23 Januari 2022.
 
Dua berita terpopuler lainnya adalah seputar tumpahan minyak di Peru dan ledakan bom mobil di Afghanistan.

Berikut selengkapnya:

  • Inggris Tuduh Rusia Berusaha Tempatkan Pemimpin Pro-Moskow di Ukraina

Menurut Kemenlu Inggris, badan intelijen Rusia telah berkomunikasi dengan sejumlah mantan politisi Ukraina terkait rencana penggantian kekuasaan di Kiev. London menolak memberikan bukti konkret atas tuduhan tersebut.
 
Ketegangan saat ini dipicu penumpukan pasukan Rusia di dekat perbatasan Ukraina. Amerika Serikat dan para sekutu Barat khawatir Rusia dapat sewaktu-waktu menginvasi Ukraina, walau Moskow berulang kali membantahnya.
 
Pernyataan terbaru Kemenlu Inggris disampaikan usai pertemuan antara Menlu AS Antony Blinken dan Menlu Rusia Sergey Lavrov di Jenewa. Pertemuan tersebut tidak menghasilkan terobosan apa pun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apa yang sebenarnya disampaikan Inggris terkait tuduhan ini? Cek selengkapnya di sini.
  • Peru Deklarasikan 'Status Darurat Lingkungan' di Area Tumpahan Minyak

Peru mendeklarasikan "status darurat lingkungan" di sepanjang pesisir tempat terjadinya tumpahan minyak pada Sabtu, 22 Januari 2022. Tumpahan minyak itu diakibatkan erupsi gunung berapi bawah tanah di dekat perairan Tonga pekan kemarin.
 
Usai mendeklarasikan status darurat, Pemerintah Peru memaparkan rencana melakukan "manajemen berkelanjutan" di 21 pantai tercemar 6 ribu barel minyak yang tumpah dari sebuah kapal tanker Sabtu pekan lalu.
 
Insiden tersebut diakibatkan erupsi gunung berapi bawah laut dekat Tonga yang memicu gelombang tsunami di sekitar Pasifik.
 
Apa dampak nyata yang dirasakan Peru usai terjadinya tumpahan minyak? Cek selengkapnya di sini.
  • 7 Warga Sipil Tewas dalam Ledakan Bom Mobil di Herat Afghanistan

Sebuah bom yang dipasang ke satu unit minivan meledak di provinsi Herat, Afghanistan pada Sabtu, 22 Januari, menewaskan setidaknya tujuh warga sipil dan melukai sembilan lainnya, ucap keterangan beberapa petinggi kelompok Taliban.
 
Modus operandi dalam ledakan bom mobil di Herat pada Sabtu kemarin merupakan kali pertama terjadi di provinsi tersebut. Pejabat lokal Taliban Naeemulhaq Haqqani mengaku sedang menyelidiki ledakan tersebut.
 
Seorang pejabat intelijen Taliban di Herat bagian barat mengatakan bahwa sebuah bom dipasang di tangki bahan bakar mobil van.
 
Siapa pelaku di balik ledakan tersebut? Cek selengkapnya di sini.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif