PM Inggris Boris Johnson saat berbicara dengan Presiden AS Joe Biden. (Downing Street)
PM Inggris Boris Johnson saat berbicara dengan Presiden AS Joe Biden. (Downing Street)

Hubungi PM Inggris, Biden Diskusikan Covid-19 dan Perubahan Iklim

Internasional amerika serikat inggris boris johnson perubahan iklim joe biden pandemi covid-19
Willy Haryono • 24 Januari 2021 08:20
London: Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden bertekad memperdalam hubungan bilateral serta menangani masalah pandemi virus korona (covid-19) dan juga perubahan iklim. Tekad disampaikan keduanya dalam sebuah percakapan via telepon pada Sabtu, 23 Januari malam.
 
"Senang bisa berbicara dengan Presiden Joe Biden malam ini," tulis PM Johnson via Twitter.
 
"Saya berharap dapat memperdalam aliansi antara dua negara seiring upaya kami dalam mendorong pemulihan berkelanjutan dari covid-19," lanjutnya, dikutip dari laman CGTN pada Minggu, 24 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Percakapan keduanya dipandang sebagai upaya pemulihan hubungan antar kedua pemimpin, usai Biden sempat menyebut PM Johnson sebagai "kembaran fisik dan emosional" dari Donald Trump pada 2019.
 
Menurut keterangan dari Downing Street, PM Johnson dan Biden mendiskusikan berbagai isu, termasuk menangani pandemi covid-19 dan perubahan iklim.
 
Baca:  PM Johnson: Varian Covid-19 Inggris Mungkin Lebih Berbahaya
 
Dalam sambungan telepon, PM Johnson menyambut baik pengumuman Biden yang hendak membawa kembali AS ke Perjanjian Iklim Paris 2015 dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Keduanya juga mendiskusikan prospek perjanjian perdagangan bebas.
 
"PM jugan memuji komitmen Biden untuk mencapai nol emisi pada 2050. Kedua pemimpin berharap dapat segera bertemu di konferensi tingkat tinggi perubahan iklim global di Skotlandia pada November ini," sebut Downing Street.
 
"Mereka juga sepakat mengenai adanya tantangan-tantangan signifikan yang dihadapi dunia selama pandemi," lanjutnya.
 
AS memiliki jumlah kasus dan kematian tertinggi akibat covid-19 di dunia. Sementara Inggris tercatat sebagai negara dengan jumlah kematian tertinggi akibat covid-19 di Eropa.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif