Pasukan Ukraina menggunakan senjata lapis baja hadapi Rusia. Foto: AFP
Pasukan Ukraina menggunakan senjata lapis baja hadapi Rusia. Foto: AFP

Ukraina Desak Barat untuk Segera Kirim Tank

Fajar Nugraha • 20 Januari 2023 06:30
Kyiv: Ukraina desak sekutu Barat pada Kamis 19 Januari 2023 untuk bergegas dan memasok tank dan pertahanan udara ke Kyiv. Pemerintah Ukraina mengatakan itu membayar dengan nyawa warganya di garis depan.
 
"Kami tidak punya waktu, dunia tidak punya waktu saat ini," kata Andriy Yermak, kepala administrasi kepresidenan Ukraina, menulis di aplikasi perpesanan Telegram, seperti dikutip AFP, Jumat 20 Januari 2023.
 
Sekutu Barat akan bertemu di Pangkalan Udara Ramstein Jerman pada Jumat dengan fokus pada apakah Berlin akan mengizinkan tank tempur Leopard 2 dipasok ke Kyiv untuk membantu mengusir pasukan Rusia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Masalah tank untuk Ukraina harus ditutup secepat mungkin. Sama seperti pertanyaan tentang sistem pertahanan udara tambahan,” ucap Yermak dalam sebuah pernyataan.
 
"Kami membayar kelambatan dengan nyawa rakyat Ukraina kami. Seharusnya tidak seperti itu,” tegasnya.
 
Komentarnya menggemakan seruan yang dibuat oleh Presiden Volodymyr Zelensky dalam pidato video di Forum Ekonomi Dunia pada hari Rabu. Zelensky mengatakan tank dan unit pertahanan udara harus dikirim lebih cepat daripada kemampuan Rusia melakukan serangan berikutnya.
 
Minggu ini, Inggris meningkatkan tekanan terhadap Jerman dengan menjadi negara Barat pertama yang mengirim tank Barat.
 
Hampir 11 bulan sejak Rusia menginvasi tetangganya, pasukan Moskow menguasai wilayah timur dan selatan Ukraina. Momentum medan perang telah bersama Kyiv selama berbulan-bulan, tetapi Moskow telah menghabiskan sumber daya yang sangat besar untuk mencoba maju di timur.
 
Tank Leopard dimiliki oleh berbagai negara NATO, tetapi mentransfernya ke Ukraina membutuhkan persetujuan Jerman.
 
Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov mengatakan Kyiv mengimbau negara-negara yang memiliki tank Leopard 2 - Yunani, Denmark, Spanyol, Kanada, Belanda, Jerman, Norwegia, Polandia, Portugal, Turki, Finlandia dan Swedia - untuk memasok mereka.
 

 

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif