Kapal militer Tiongkok di Laut China Selatan. Foto: AFP.
Kapal militer Tiongkok di Laut China Selatan. Foto: AFP.

AS Kritik Latihan Militer Tiongkok di Laut China Selatan

Internasional laut china selatan
Marcheilla Ariesta • 03 Juli 2020 18:08
Washington: Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) menyatakan kritik mereka atas latihan militer Tiongkok di Laut China Selatan. Mereka mengatakan langkah Beijing hanya akan semakin membahayakan situasi di perairan yang disengketakan.
 
"Kementerian Pertahanan sangat menyayangkan keputusan Tiongkok untuk melakukan latihan militer di sekitar Kepulauan Paracel di Laut China Selatan pada 1 hingga 5 Juli," kata Pentagon dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Straits Times, Jumat, 3 Juli 2020.
 
Kegiatan-kegiatan tersebut, imbuh Pentagon, hanya membuat situasi di kawasan tidak stabil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pekan lalu, Tiongkok mengumumkan mereka akan melakukan latihan militer selama lima hari mulai 1 Juli di dekat Kepulauan Paracel yang juga diklaim oleh Vietnam.
 
"Melakukan latihan militer atas wilayah yang disengketakan di Laut China Selatan sangat kontraproduktif dengan upaya meredakan ketegangan dan menjaga stabilitas kawasan," kata Pentagon.
 
Mereka menambahkan latihan semacam itu juga melanggar komitmen Beijing di bawah Deklarasi 2002 mengenai Perilaku Para Pihak di Laut China Selatan. Deklarasi dibuat agar tidak ada kegiatan yang akan memperumit atau meningkatkan perselisihan dan mempengaruhi perdamaian serta stabilitas.
 
Deklarasi tersebut ditandatangani oleh negara-negara anggota ASEAN.
 
"Latihan militer adalah yang terbaru dari serangkaian tindakan Tiongkok untuk menegaskan klaim yang melanggar hukum dan merugikan negara-negara Asia Tenggara di Laut China Selatan," imbuh Pentagon.
 
Mereka mendesak semua pihak untuk menahan diri dan tidak melakukan kegiatan militer yang dapat memperparah perselisihan di wilayah tersebut. AS juga mengatakan akan terus memantau kegiatan militer Tiongkok di perairan kawasan Asia Tenggara itu.
 

(FJR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif