Petugas berusaha memadamkan kebakaran hutan di Madera County, California, AS, 7 September 2020. (Foto: Josh Edelson/AFP/Getty)
Petugas berusaha memadamkan kebakaran hutan di Madera County, California, AS, 7 September 2020. (Foto: Josh Edelson/AFP/Getty)

Jumlah Korban Tewas Kebakaran Hutan AS Dekati 30

Internasional amerika serikat kebakaran hutan
Willy Haryono • 13 September 2020 11:27
California: Jumlah korban tewas kebakaran hutan di sejumlah negara bagian Amerika Serikat di wilayah West Coast terus bertambah dan mendekati angka 30. Angka kematian diperkirakan bertambah karena masih ada puluhan orang yang dinyatakan hilang dalam kebakaran.
 
"Akan ada tambahan kematian, karena sejumlah warga tidak sempat mengungsi dari rumah mereka," kata Direktur Manajemen Darurat Oregon, Andrew Phelps, kepada kantor berita MSNBC.
 
"Dikhawatirkan akan ada insiden yang melibatkan kematian massal," sambung dia, dikutip dari laman The Economic Times, Minggu 13 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Puluhan ribu warga California, Oregon, dan Washington telah dipaksa untuk mengungsi di tengah kebakaran hutan. Di Oregon, jumlah korban tewas akibat kebakaran hutan mencapai delapan orang, sementara di Washington salah satu korbannya adalah balita berusia satu tahun.
 
Menurut laporan Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California (Cal Fire), sejauh ini kebakaran hutan telah menewaskan 19 orang.
 
"Lebih dari 16 ribu petugas pemadam terus bekerja untuk mengendalikan 28 titik api di seantero California," ujar Cal Fire pada Sabtu kemarin.
 
"Sejak awal tahun, kebakaran hutan telah menghanguskan lebih dari 3,2 juta aker lahan di California (setara 1,3 juta hektare), yang ukurannya sudah lebih besar dari negara bagian Connecticut. Kebakaran juga telah menghanguskan lebih dari 4.000 bangunan," sambungnya.
 
Lima dari total titik api di California masuk dalam daftar 10 besar kebakaran hutan di AS. Salah satunya adalah kebakaran bernama North Complex Fire, yang telah menjadi kobaran api terbesar dalam sejarah California.
 
Juru bicara Gedung Putih Judd Deere mengonfirmasi bahwa Presiden AS Donald Trump akan mengunjungi California pada Senin mendatang. Trump akan bergabung dengan pejabat federal dan lokal dalam mendiskusikan penanganan kebakaran hutan.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif