Mantan Presiden AS Barack Obama. (Foto: AFP)
Mantan Presiden AS Barack Obama. (Foto: AFP)

Obama Kembali Kritik Respons Pemerintah AS terhadap Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 17 Mei 2020 12:01
Washington: Mantan presiden Barack Obama kembali mengkritik respons pemerintah Amerika Serikat saat ini dalam menghadapi pandemi virus korona (covid-19). Ia menilai banyak pejabat AS kebingungan dalam memerangi penyebaran virus tersebut.
 
Pernyataan disampaikan Obama dalam sebuah konferensi virtual untuk kalangan mahasiswa di media sosial YouTube, Facebook, dan Twitter.
 
"Pandemi (covid-19) telah mengoyak sebuah anggapan bahwa para pejabat berkuasa di negeri ini tahu mengenai apa-apa saja yang sedang mereka lakukan," ujar Obama, dilansir dari CGTN, Minggu 17 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Banyak dari mereka bahkan tidak berusaha untuk sekadar berpura-pura memimpin," sambungnya.
 
Akhir pekan kemarin, kritik serupa juga telah dilontarkan kepada Pemerintahan AS, yang secara spesifik ditujukan kepada Presiden Donald Trump. Menurut Obama, pendekatan Trump terhadap pemerintahannya sendiri merupakan salah satu pemicu "bencana" dalam penanganan covid-19 di seantero AS.
 
"Penanganan (oleh Trump) akan berakhir buruk, bahkan jika dirinya dikelilingi orang-orang terbaik di pemerintahan," ucap Obama.
 
Obama menilai Trump memiliki kerangka berpikir "apa untungnya bagi saya" dan tidak memikirkan kepentingan orang lain dalam penanganan covid-19 di AS.
 
Menurutnya, kerangka berpikir itu merupakan hal yang sangat berbahaya jika dibiarkan terus beroperasi di dalam internal pemerintahan AS.
 
Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Minggu ini, total kasus covid-19 di AS telah melampaui 1,4 juta dengan 88 ribu lebih kematian dan 268.376 pasien sembuh.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif