Turki lockdown selama empat hari saat Idulfitri. (Foto: AFP).
Turki lockdown selama empat hari saat Idulfitri. (Foto: AFP).

Turki Lockdown 4 Hari Saat Idulfitri

Internasional turki
Marcheilla Ariesta • 24 Mei 2020 09:24
Ankara: Turki memberlakukan penguncian selama empat hari untuk liburan Idulfitri. Langkah ini diambil pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus korona yang menewaskan lebih dari 4.200 orang di negara itu.
 
Dilansir dari Aljazeera, Minggu 24 Mei 2020, jam malam diberlakukan di 81 provinsi Turki pada tengah malam mulai dari Jumat kemarin, sehari sebelum akhir bulan puasa Ramadan.
 
Pasar, toko kelontong, pedagang sayur, dan tukang daging bisa terus beroperasi dari pukul 10.00 hingga 17.00 pada Sabtu kemarin. Namun hari ini, semua akan tutup hingga 26 Mei mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, toko roti akan tetap buka selama kuncian empat hari tersebut.
 
Perayaan Idulfitri tahun ini di Turki akan sangat dibatasi. Masyarakat dilarang menghadiri pertemuan besar dan pesta bersama, atau mengunjungi keluarga dan teman-teman.
 
Para jemaah juga tidak bisa mengikuti salat di masjid, terlebih kegiatan ibadah berjamaah telah ditangguhkan sejak 16 Maret di sana. Namun, secara bertahap kegiatan ibadah ini bisa dibuka kembali pekan depan.
 
Presien Turki Recep Tayyip Erdogan mengisyaratkan pelonggaran pembatasan setelah Idulfitri. "Akan ada sanksi keras bagi orang-orang yang tidak mematuhi peraturan jaga jarak fisik," kata Erdogan.
 
Ini pertama kalinya penguncian ketat secara nasional di Turki sejak kasus virus korona (covid-19) pertama kali diumumkan pada 11 Maret lalu di negara itu. Namun, mereka menggunakan jam malam akhir pekan di beberapa provinsi.
 
Para kritikus mengatakan perintah pembatasan gerakan sebagian sebelumnya tidak terorganisir dengan baik dan tidak efektif.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif